Tertunda Keberangkatan Umrah, Travel Shafa Tours Tawarkan Pilihan Uang Kembali Atau Nunggu

Tertunda Keberangkatan Umrah, Travel Shafa Tours Tawarkan Pilihan Uang Kembali Atau Nunggu

ISTIMEWA
Tertunda Keberangkatan Umrah, Travel Shafa Tours Tawarkan Pilihan Uang Kembali Atau Nunggu 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kebijakan Arab Saudi terhadap penangguhan visa umrah dan haji berbuntut panjang pada salah satu agen travel umrah dan haji di kota Balikpapan, Shafa Tours, Selasa (10/3/2020).

Pasalnya, hingga detik inipun, Arab Saudi belum memberikan titik terang pada kebijakan terhadap pemberian visa haji dan umrah gara-gara kasus Virus Corona yang sedang merebak di dunia.

Salah satu direktur agen travel haji dan umroh Shafa Tours di kota Balikpapan, Digdo Susilo menjelaskan jika pihaknya telah memberikan opsi kepada para calon jamaah, yaitu dengan membatalkan keberangkatan umrah atau dengan menunggu sampai ada keputusan dari pihak Arab Saudi.

Perketat Travel Umrah, Kemenag Kaltara Ancam Sanksi yang Telantarkan Jamaah

"Kita kasih pilihan ke jamaah masing-masing, bagi yang mundur ya uang kita kembalikan, artinya dia batal. Bagi yang mau nunggu ya sampai ada keputusan visa dibuka maka akan kita buat jadwal baru tanggal keberangkatannya," ungkap Susilo

Susilo mengungkapkan bahwa sampai dengan saat ini pemerintah Arab Saudi belum memberikan titik terang terhadap pemberian visa haji dan umrah.

Ia merasa pesimis terhadap 3 keberangkatan jamaah umrah di bulan Maret ini, rombongan terancam batal berangkat karena tidak adanya tanda-tanda diberikan izin oleh pihak Arab Saudi.

"Yang jelas sampai saat ini Arab Saudi belum kasih tanda-tanda visa akan diberikan. Umrah bulan maret kemungkinan besar batal berangkat, ada 3 keberangkatan," ujarnya.

Datangkan Biro Travel Umrah dan Ziarah Presentasi di Kubar, Bupati Berharap Ada Kepastian Berangkat

Terkait kerugian, ia mengungkapkantidak terlalu besar dan agen travel masih mampu dan ikhlas dengan apa yang terjadi.

"Kerugian yang terjadi tidak terlalu besar, rata-rata travel masih mampu dan kita semua ikhlas namanya juga ibadah," tuturnya.

Dia juga mengungkapkan hal yang terjadi ini merupakan force majeur (keadaan yang terjadi di luar kemampuan manusia sehingga kerugian tidak dapat dihindari).

Halaman
12
Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved