Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Dengan Cara-cara Ini, Dadang Ungkapkan Tekad Kaltim Akan Dapat Wujudkan Kemandirian Pangan

pemprov bertekad untuk mengembangkan dan menjadikan sektor pertanian dalam arti luas sebagai program prioritas pembangunan.

HUMASPROV KALTIM
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Dadang Sudarya 

SAMARINDA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Dadang Sudarya mengungkapkan kemandirian dan kedaulatan pangan menjadi target dan prioritas Pemprov Kaltim ke depan.

Untuk mewujudkan hal itu, pemprov bertekad untuk mengembangkan dan menjadikan sektor pertanian dalam arti luas sebagai program prioritas pembangunan.

Dikatakan, DPTPH Kaltim tetap bertekad untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan dengan tetap meningkatkan produksi dan intensifikasi lahan yang ada termasuk pengembangan lahan. Tidak kalah penting adalah membangun irigasi seperti yang ada di Kecamatan Marangkayu di Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Melalui optimalisasi lahan dan mekanisasi pertanian, kita harapkan produksi padi di wilayah Kaltim bisa terus meningkat, sehingga kita bisa mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan,” kata Dadang Sudarya.

Menurut Dadang, berbagai upaya dilaksanakan untuk mewujudkan swasembada beras dilakukan dengan perbaikan prasarana pengairan. Di antaranya, pembangunan bendungan serta kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi, pipanisasi, pembangunan pintu-pintu air dan pompanisasi.

"Selain itu, kita juga terus melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) para pemuda tani, dengan memberikan berbagai pelatihan dan keterampilan dalam upaya peningkatan produksi padi di seluruh wilayah Kaltim," tandasnya.

Selain pembukaan lahan pertanian, lanjut Dadang, Dinas PTPH juga mengembangkan padi ladang dalam upaya pemenuhan kebutuhan beras di Kaltim. Oleh karena itu perlu inovasi dan kreasi bagaimana produksi padi terus meningkat.

"Sekarang ini, kita juga melaksanakan program upsus (upaya khusus) untuk pengembangan padi jagung dan kedelai. Jadi tidak hanya fokus dalam peningkatan produsi padi baik padi sawah maupun padi ladang, tetapi juga komoditas lain," tandasnya.

Dadang juga mengharapkan kesadaran dan dukungan perusahaan pertambangan maupun perkebunan serta kehutanan untuk membantu peningkatan produksi padi, jagung, kedelai maupun komoditas lainnya.

"Program corporate social responsibility (CSR) juga sangat penting untuk mendukung sukses pembangunan pertanian Kaltim,” pungkas Dadang. (mar/sul/advetorial)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved