Berita Pemkab Kutai Barat

Jadi Proyek Percontohan Nasional, 5.000 Tanah Perkebunan Milik Masyarakat Kubar Disertifikatkan

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Land Reform Dan Konsolidasi Tanah Kantor Wilayah BPN Provinsi Kaltim M Febriawan Jauhari SH

HUMASKAB KUBAR
Sekretaris Kabupaten Kutai Barat Yacob Tullur membuka Sosialisasi Land Reform Agraria/Redistribusi di ruang Diklat kantor Bupati lantai III, Senin (9/3/2020). Kubar menjadi daerah proyek percontohan nasional dengan akan disertifikatkan sebanyak 5.000 bidang lahan perkebunan milik masyarakat. 

SENDAWAR - Sebagai program strategis nasional 2020, Kubar ditunjuk Kantor Wilayah BPN Provinsi Kaltim sebagai pilot project dalam pensertifikasian lahan perkebunan sebanyak 5.000 bidang Sertifikat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Land Reform Dan Konsolidasi Tanah Kantor Wilayah BPN Provinsi Kaltim M Febriawan Jauhari SH pada sosialisasi Sosialisasi Land Reform Agraria/Redistribusi yang dilaksankan di ruang Diklat kantor Bupati lantai III, Senin (9/3/2020).

M Febriawan Jauhari menjelaskan, dari 5.000 sertifikat tersebut direalisasikan untuk 16 kecamatan se Kubar, dan lahan perkebunan yang bisa disertifikasi minimal setengah hektar dan maksimal 2 hektar.

Dari sepuluh Kabupaten/Kota se Kaltim, Kubar dapat jatah pensertifikatan tahan paling banyak tahun 2020 atau sepertiga dari jatah Kaltim dan Kaltara. Turut hadir Kepala BPN Kubar, Kepala Disperkimtan, dan para Camat se Kubar.

Febriawan menuturkan, BPN Kakanwil Kaltim dan Kaltara pada 2020 mendapat target program strategis nasional untuk sertifikat tanah pertanian yang berupa kegiatan distribusi tanah. Untuk Kaltim dan Kaltara mendapat jatah 15 ribu sertifikat, sepertiganya diberikan ke Kubar.

Pemberian sertifikasi lahan untuk Kubar, memang menindak lanjuti usulan Kepala Dinas Pertanian Kubar dan kepala BPN Kubar, dan diteruskan di Kanwil Provinsi, sehingga dari Kanwil Provinsi sudah menetapkan peta lokasi.

Dari perlengkapan peta lokasi sehingga bisa dilakukan tahaban-tahaban berikutnya, untuk sertifikasi 5000 bidang sertifikat, dan pensertifikatan lahan tersebut akan dibagikan di 16 kecamatan se kubar.

M Febriawan Jauhari juga berharap dalam kegiatan ini sangat diperlukan dukungan dari para camat selaku pimpinan wilayah, dan pemerintah kabupaten. Karena dari tahaban sertifikasi ini akan dilakukan sidang panitia pertimbangan.

Bupati FX Yapan SH dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kabupaten Drs Yacob Tullur MM menuturkan, tanah memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat, dimana tanah menjadi sumber kehidupan bagi manusia yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya untuk sarana produksi tanaman (lahan pertanian) dan sarana tempat tinggal yang menjadi kebutuhan mendasar setiap manusia.

Penguasaan tanah juga diatur Pasal 4 UUPA, bahwa atas dasar hak menguasai dari negara sebagai yang dimaksud dalam pasal 2 ditentukan adanya macam-macam hak atas permukaan bumi, yang disebut tanah, yang dapat diberikan kepada dan dipunyai oleh orang-orang, baik sendiri maupun bersama-sama dengan orang-orang lain serta badan-badan hukum.

Bupati juga memaparkan, aktifitas masyarakat dalam penggunaan tanah serta jumlah pengguna tanah selalu meningkat dari waktu ke waktu. Berkaitan dengan hal tersebut memberikan gambaran bahwa pembagian tanah di Indonesia sangat penting terlebih untuk tanah tempat tinggal.

Memahami mengenai pentingnya kegiatan agraria ini secara administratif dan menjadi kekuatan hukum secara legalisasi baik secara fungsi kegunaan dan kemanfaatan dan ini merupakan keharusan yang mutlak dimiliki oleh setiap perseorangan maupun dalam kepemilikan bersama, atau berbadan hukum.

"Saya selaku Kepala Daerah mengharapkan kepada seluruh pihak terkait terutama yang hadir pada saat ini untuk dapat serius serta seksama mengikuti kegiatan sosialisasi ini, yang kemudian pada penerapannya ditindaklanjuti dengan langkah strategis, serta percepatan pelaksanaannya di masing-masing wilayahnya," tandasnya. (adv/hms10/NAW)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved