Kadis Perkebunan Kutai Kartanegara Pamer ke Lemhanas RI, 3 Tahun Ini Produksi Sawit Kukar Meningkat

Lembaga Ketahanan Nasional ( Lemhanas ) mengunjungi rumah jabatan Bupati Kukar ( Kutai Kartanegara ) Kalimantan Timur pada Rabu (11/3/2020).

TribunKaltim.Co/Jino Prayudi Kartono
Lembaga Ketahanan Nasional ( Lemhanas ) mengunjungi rumah jabatan bupati Kutai Kartanegara (Kukar) , Rabu (11/3/2020). Dalam kegiatan ini beberapa kepala dinas turut hadir. Salah satunya kepala dinas Perkebunan Muhammad Taufik. Ia menjelaskan tentang produksi dan produksifitas Sawit di wilayah Kukar. Dari tujuh misi yang diusung dinas perkebunan, visi keempat yang menjadi fokus dinas yang ia pimpin 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG  - Lembaga Ketahanan Nasional ( Lemhanas ) mengunjungi rumah jabatan Bupati Kukar ( Kutai Kartanegara ) Kalimantan Timur pada Rabu (11/3/2020).

Dalam kegiatan ini beberapa kepala dinas turut hadir. Salah satunya kepala dinas Perkebunan Muhammad Taufik.

Ia menjelaskan tentang produksi dan produksifitas Sawit di wilayah Kukar.

Dari tujuh misi yang diusung dinas perkebunan, visi keempat yang menjadi fokus dinas yang ia pimpin.

"Meningkatkan pengelolaan pertanian dan pariwisata dalam transformasi ekonomi. Dulu kontribusi tambang jadi utama saat ini pemerintah fokus ke sektor pertanian. Artinya capaian bukan tambangnya menurun melainkan pertanian meningkat," ucap Muhammad Taufik di hadapan perwakilan Lemhanas RI.

Dari data yang ia dapat, Kaltim berada di posisi keenam produksi sawit di Indonesia. Dari posisi tersebut, sekitar 74 persen produk domestik bruto (PDB) wilayah Kukar bersumber dari sawit.

Bahkan capaian pertumbuhan sawit pada tahun 2019 mencapai 96,7 persen. Saat ini dari sekitar 204 ribu perkebunan kelapa sawit yang dikelola puluhan perusahaan yang ada di Kukar.

Ilustrasi
Ilustrasi (Kompas.com)

Selama tiga tahun terakhir mulai tahun 2015 hingga 2018, produksi sawit di Kukar meningkat. Di tahun 2015 saja produksi sawit di Kukar mencapai sekitar 2,2 juta ton. Sementara di tahun 2016 produksi sawit mencapai 3,6 juta ton. Lalu di tahun 2017 produksi meningkat menjadi 3,89 juta ton.

Lalu di tahun 2018 produksi sawit meningkat hampir dua kali lipat. "Tahun 2018 naik menjadi 5,4 juta ton," ucap Taufik ketika memberikan presentasi kepada perwakilan Lemhanas RI.

Sekitar tiga perwakilan dari Lemhanas RI yang hadir dalam diskusi tersebut. Deputi Pengkajian Strategi Lemhanas Reni Mayerni, Tenaga Profesional Bidang SKA Dadan Umar Daihani, Tenaga Profesional Bidang Ekonomi Aryo Wijanarko, dan Brigjen TNI Ramses L Tobing Direktur Pengkajian Ekonomi dan SKA hadir dalam kegiatan tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved