Pilkada Kaltara

Permintaan KPU, Disdukcapil Validasi Ulang Data Kependudukan Seribu Warga Kalimantan Utara

Kepala Disdukcapil Kalimantan Utara ( Kaltara ), Sanusi, mengaku tengah melakukan validasi data kependudukan jelang Pilkada serentak 2020.

Tribunkaltim.co, Amiruddin
Balon gubernur Kaltara jalur perseorangan, Abdul Hafid Achmad-Makinun Amin usai menyerahkan syarat dukungan di KPU Kaltara belum lama ini. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Kalimantan Utara ( Kaltara ), Sanusi, mengaku tengah melakukan validasi data kependudukan jelang Pilkada serentak 2020.

Validasi data kependudukan tersebut, kata dia, sesuai permintaan KPU Kaltara.  Hal itu disampaikan Sanusi, saat ditemui di ruang kerjanya, Gedung Gadis, Jalan Rambutan, Tanjung Selor.

"Kami sudah memerintahkan staf, sesuai permintaan KPU untuk validasi ulang. Bukan hanya itu, kami sudah menyurati juga Disdukcapil kabupaten dan kota yang ada di Kaltara," kata Sanusi, kepada Tribunkaltim.co, Kamis (12/3/2020).

Sanusi menambahkan, ada sekira seribu lebih data kependudukan yang akan divalidasi. Validasi diperlukan, untuk memastikan apakah seribu orang lebih itu, masih berdomisili di Kaltara atau tidak.

"Salah satu faktornya sehingga divalidasi, karena tak terdaftar di DPT dan DP4.  Selain itu, data kependudukan seribu orang lebih tersebut meragukan, apakah masih berada di Kaltara atau tidak lagi," ujarnya.

Diisukan Berpasangan dengan Irianto Lambrie di Pilkada Kaltara, Ini Respon Wakil Ketua DPRD Nunukan

Jelang Pilkada Kaltara, Dua Bakal Calon Gubernur Minta Akun Silon ke KPU Kalimantan Utara

Ditambahkan Sanusi, dari seribu lebih yang divalidasi, didominasi warga asal Kabupaten Nunukan.  Sementara untuk Kabupaten Tana Tidung, Malinau, Bulungan, dan Kota Tarakan terbilang merata.

"Kita upayakan validasi data ini segera rampung, sesuai dengan permintaan KPU Kaltara," tuturnya.

Setelah validasi ulang dinyatakan rampung, data tersebut bakal diserahkan lagi ke KPU Kaltara. Nantinya, data tersebut bakal menjadi pendukung pelaksanaan verifikasi balon perseorangan, ataupun pemutakhiran data pemilih.

Jelang Pilkada Kaltara, KPU Bulungan Cari 243 PPS, Pendaftaran Terakhir 24 Februari

KPU Verifikasi Bukti Dukungan

Sebelumnya diberitakan, KPU Kaltara masih melaksanakan verifikasi administrasi bukti dukungan, balon gubernur jalur perseorangan.

Halaman
12
Penulis: Amiruddin
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved