Berita Pemkab Kutai Barat

Hadiri Pelantikan Badan Permusyawaratan Kampung Muyub Ilir, Bupati Kubar Imbau untuk Bersinergi

Pelantikan Badan Pemusyawaratan Kampung (BPK) Muyub Ilir, bertempat di Halaman SD Negeri 009 Kampung Muyub Ilir Kecamatan Tering,

HUMASKAB KUBAR
Bupati Kutai Barat FX.Yapan memberikan pengarahan saat menghadiri Pelantikan Badan Pemusyawaratan Kampung (BPK) Muyub Ilir di halaman SD Negeri 009 Kampung Muyub Ilir, Kecamatan Tering, Kamis (12/3/2020). 

SENDAWAR- Bupati Kutai Barat FX.Yapan menghadiri Pelantikan Badan Pemusyawaratan Kampung (BPK) Muyub Ilir, bertempat di Halaman SD Negeri 009 Kampung Muyub Ilir Kecamatan Tering, Kamis (12/3/2020), pengambilan sumpah dan pelantikan dipimpin Camat Tering, disumpah sesuai agama yang dianutnya, dihadapan Rohaniawan.

Menurut Bupati, Undang- Undang No.6 Tahun 2014 Pasal 58 ayat 3 menyatakan bahwa Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebelum memangku jabatannya harus Bersumpah dan Berjanji secara bersama- sama di hadapan masyarakat yang akan menjalankan Tugas dan Fungsi Pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari rakyat yang ditetapkan secara demoratis.

Dikatakan Bupati, BPK memiliki 3 fungsi utama yaitu, membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Kampung bersama Kepala Kampung, Menampung serta menyalurkan aspirasi masyarakat Kampung, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Kampung dalam melaksanakan pelayanan pembangunan Kampung.

Untuk itu BPK juga harus ikut berperan aktif dalam perencanaan pembangunan di Kampung sehingga dengan demikian semua perencanaan pembangunan di Desa dapat tercapai sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama.

Yapan menghimbau bahwa BPK dan Kepala Desa harus bersinergi kerjasama yang baik agar apa yang menjadi tujuan agenda kampung bisa terlaksana. Karena BPK memiliki tugas/fungsi untuk membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Kampung bersama Kepala Kampung, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan mengawasi kinerja Kepala Kampung.

Lanjut Bupati, BPK juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga, yang mana penyampaiannya dilakukan melalui beberapa tahap kerja, yakni : Pertama, BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, Kedua, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada BPK, dan Ketiga, mengelola aspirasi masyarakat sebagai sumber energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa.

Bupati mengharapkan kepada anggota BPK yang baru saja dilantik untuk dapat menjalankan amanah dengan baik sebagai perpanjangan dari warga kampung, juga sebagai upaya suksesnya misi Pemerintah periode 2016-2021 butir ketujuh yakni Pemberdayaan Peran Kampung, Pemuda dan Perempuan Sebagai Basis Pembangunan Masyarakat.

Sementara Ketua Panitia Agus Riadi, mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Anggota terpilih, masyarakat Muyub Ilir dan semua yang terlibat, yang sudah mengikuti proses didalam pemilihan BPK sehingga bisa di sumpah dan dilantik pada hari ini.

Terimakasih juga kepada Bupati FX.Yapan beserta rombongan yang sudah bersedia hadir dikampung ini ditengah padatnya jadwal kegiatan.(adv/HMS36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved