Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Hadiri Haul Guru Ahmad Syarwani Zuhri, Gubernur Kaltim Ingatkan Umat Islam untuk Selalu Jadi Teladan

Haulan pertama Profesor Dr KH Ahmad Syarwani Zuhri dihadiri para habaib, tokoh dan alim ulama dari berbagai daerah serta ribuan jemaah

HUMASPROV KALTIM/MASDIANSYAH
Gubernur Kaltim Isran Noor memberi sambutan saat menghadiri haul Tuan Guru KH Ahmad Syarwani Zuhri bin H Zuhri bin Asnil, Ahad 15 Maret 2020 di Masjid Jami' Sholihin Pondok Pesantren Al Banjari Km 19,5 Balikpapan, Minggu (15/3/3030). 

BALIKPAPAN - Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan sebagian besar masyarakatnya beragama Islam. Oleh karenanya, umat Islam harus menjadi teladan bagi umat-umat agama lainnya.

Hal itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat menghadiri haul Tuan Guru KH Ahmad Syarwani Zuhri bin H Zuhri bin Asnil, Ahad 15 Maret 2020 di Masjid Jami' Sholihin Pondok Pesantren Al Banjari Km 19,5 Balikpapan.

Menurut Gubernur, banyak hal yang menjadi pegangan dan keyakinan umat Islam tidak lain untuk kebaikan dan kedamaian. Tidak saja di Indonesia bahkan di berbagai negara di belahan dunia ini.

"Apa yang menjadi keyakinan kita, semoga menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Ta'ala. Demikian halnya dengan pelaksanaan haul ini," kata Isran Noor.

Dalam haul ini lanjutnya, umat Islam khususnya jemaah yang hadir saling bersilaturahmi dan mendoakan untuk kebaikan, baik doa bagi orang sudah wafat (meninggal) maupun yang masih hidup.

Khusus bagi KH Ahmad Syarwani Zuhri atau biasa dipangggil Tuan Guru Syarwani, sebagai ulama tentunya almarhum banyak meninggalkan ilmu agama sekaligus memberikan contoh akhlak mulia bagi masyarakat, terutama para santri di Pondok Pesantren Al Islami Syech Muhammad Arsyad Al Banjari Balikpapan bahkan masyarakat dan umat Islam di Kaltim bahkan Indonesia.

"Maka, selayaknya mencontoh akhlak, prilaku dan pribadi beliau yang baik, termasuk mengamalkan nasehat dan ilmu yang telah disampaikan setiap majelis ilmu atau majelis taklim," harap Isran.

Acara haulan ungkap Isran, identik dengan membaca doa-doa terutama bagi orang yang sudah meninggal. Namun, doa juga dibacakan bagi orang yang masih hidup, khususnya jemaah haulan yang hadir bahkan masyarakat luas pada umumnya.

"Mari di saat yang baik ini kita saling mendoakan. Selainn doa bagi almarhum, juga doa ulama bagi umat Islam dan umaro (pemimpin). Demikian pula, para pemimpin mendoakan masyarakat dan ulama. Begitu juga masyarakatnya ikut mendoakan para pemimpin dan ulama serta bangsa ini, bangsa Indonesia. Agar aman, damai, tentram serta terhindar dari musibah mara bahaya," pungkas Isran Noor.

Haulan pertama Profesor Dr KH Ahmad Syarwani Zuhri dihadiri para habaib, tokoh dan alim ulama dari berbagai daerah serta ribuan jemaah muslim Kalimantan Timur dan provinsi lainnya serta ulama negara tetangga.

Haul menghadirkan penceramah dari Hadralmaut Yaman, Habib Muhammad Bin Soleh Al Attas dan Habib Alwi Bin Abdullah Alaydrus. Hadir Pengasuh Ponpes Al Islami Syech Muhammad Arsyad Al Banjari Balikpapan KH Jailani Mawardi, Walikota Balikpapan Rizal Effendi serta jajaran Forkopimda. (yans/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved