Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Lestarikan Ikan Lokal, Bupati Kukar Tebar Kembali Benih Ikan Betok di Desa Sedulang

"Dalam jangka waktu tertentu nantinya kita harapkan dapat menjadi tumpuan masyarakat sekitarnya untuk meningkatkan pendapatan,

HUMASKAB KUKAR/PROKOM
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menebar kembali (restocking) benih ikan betok (jukut puyu, dalam Bahasa Kutai) di Suaka Perlindungan/Konservasi Perikanan Ngayan Tuha, Desa Sedulang Kecamatan Muara Kaman, pekan pertama Maret 2020. 

TENGGARONG - Guna menjaga kelestarian ikan lokal, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melakukan Restocking atau penebaran kembali benih ikan betok atau jukut puyu (dalam bahasa Kutai) di Reservat (Suaka Perlindungan/Konservasi Perikanan) Ngayan Tuha Desa Sedulang Kecamatan Muara Kaman, pekan tadi.

Bupati mengatakan Restocking benih ikan ke sungai ini adalah upaya untuk memperkaya dan meningkatkan sumberdaya perikanan khususnya di daerah Ngayan Tuha, Muara Kaman.

"Dalam jangka waktu tertentu nantinya kita harapkan dapat menjadi tumpuan masyarakat sekitarnya untuk meningkatkan pendapatan, mendukung ketahanan pangan dan juga dapat meningkatkan gizi masyarakat sekitar," harapnya.

Selain di kawasan Reservat, Edi juga melakukan penebaran benih ikan di dua titik perairan yaitu aliran sungai Kedang Kepala dan Desa Sedulang Muara Kaman. Selain puyu, Bupati juga menebar benih ikan patin.

"Hari ini telah disebar benih patin sebanyak 20 ribu ekor dan 200 ribu ekor benih puyu, diharapkan penaburan bibit ikan ini nantinya dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan perairan, serta keberlangsungan ekosistem air tawar," harapnya.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menebar kembali (restocking) benih ikan betok (jukut puyu, dalam Bahasa Kutai) di Suaka Perlindungan/Konservasi Perikanan Ngayan Tuha, Desa Sedulang Kecamatan Muara Kaman, pekan pertama Maret 2020.
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menebar kembali (restocking) benih ikan betok (jukut puyu, dalam Bahasa Kutai) di Suaka Perlindungan/Konservasi Perikanan Ngayan Tuha, Desa Sedulang Kecamatan Muara Kaman, pekan pertama Maret 2020. (HUMASKAB KUKAR/PROKOM)

Edi kemudian mengucapkan terima kasih kepada PT Bayan Resource Grup dan PT Bara Tabang lewat program Coorporate Sosial Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial yang telah membantu penyebaran bibit ikan tersebut.

Dirinya berharap kegiatan semacam itu terus di lakukan secara berkala agar keberlangsungan ekosistem air tawar dapat terjaga dan juga dapat melestarikan ikan-ikan lokal. (adv/dokpim 03)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved