Berita Pemprov Kalimantan Timur

Lezatnya Lai Mahakam yang Menggoda

Kaltim memiliki varitas unggulan bernama "Lai Mahakam". Lai Mahakam, umumnya memiliki berat antara 1,3 kg sampai 1,6 kg.

kompilasi
Via Vallen dan buah Lai 

KALTIM sudah sejak lama dikenal sebagai provinsi kaya. Benua Etam memiliki sejarah panjang menjadi daerah penyumbang devisa terbesar bagi negara, bahkan sejak sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Ladang-ladang minyak berkelompok membuat rumpun-rumpun besar bersembunyi di dalam perut bumi Kalimantan Timur, sebagian di daratan dan sebagian besar yang lain menengadah di dalam tanah di bawah laut Selat Makassar.

Setelah berpuluh tahun, sekira tahun 70-90an giliran kayu Kaltim jadi primadona. Dan sekarang Kaltim masih melanjutkan aliran devisa negara dari hasil tambang emas hitam, batu bara.

Bukan hanya itu, Kaltim masih menyimpan berjuta kekayaan lainnya, mulai seni budaya, kearifan lokal, keterbukaan masyarakat lokal, sampai soal beragam jenis buah khas yang dipunyai Kaltim. Salah satunya lai.

"Saya suka lai," sebut Via Vallen, mengomentari hal yang paling dia suka dari Kaltim.

"Seperti durian tapi bukan durian. Enak banget," kagum pelantun lagu "Selow" itu, beberapa waktu lalu.

Untuk buah lai ini, Kaltim memiliki varitas unggulan bernama "Lai Mahakam". Lai Mahakam, umumnya memiliki berat antara 1,3 kg sampai 1,6 kg. Daging buahnya bertekstur halus, kering, dan tebal serta manis, sebagian besar bijinya kecil-kecil dan mengempis.

Awalnya, Lai Mahakam lebih dikenal dengan sebutan Lai Rencong. Dalam bahasa Bugis, rencong berarti lipstik, karena warna buahnya yang kemerah-merahan seperti warna lipstik.

Meski namanya sudah berganti menjadi Lai Mahakam, buah ini tetap diburu pembeli saat musim lai.

Adalah UPTD Balai Benih Induk Hortikultura (BBIH), unit pelaksana dibawah Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim yang berinovasi menciptakan varietas unggul ini.

Halaman
123
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved