Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Wujud Kolaborasi Pusat, Pemkab dan Swasta, Bupati Resmikan Tempat Pelelangan Ikan di Kota Bangun

Edi Damansyah mengatakan bahwa peresmian TPI merupakan satu wujud kepedulian Pemerintah terhadap nelayan

HUMASKAB KUKAR/PROKOM
Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menggunting pita sebagai tanda diresmikannya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Perairan Darat Wilayah Sungai Mahakam di Desa Liang Kecamatan Kota Bangun, pekan kedua Maret 2020. 

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Perairan Darat Wilayah Sungai Mahakam di Desa Liang Kecamatan Kota Bangun, pekan tadi.

Edi Damansyah mengatakan bahwa peresmian TPI merupakan satu wujud kepedulian Pemerintah terhadap nelayan yang ada di wilayah Kecamatan Kota Bangun dan sekitarnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan Tempat Pelelangan Ikan tersebut.

“Dengan diresmikanya TPI ini, membuktikan bahwa kolaborasi antar pihak terwujud dan terlihat arahnya, mana urusan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemkab Kukar, maupun kepedulian pihak perusahaan melalui tanggung jawab sosialnya,” ujarnya.

Edi sangat berharap TPI itu bisa menjadi sentral perikanan di Kukar khusunya untuk wilayah hulu. Untuk itu perlu dikelola dengan manajemen yang baik sehingga dapat benar-benar bermanfaat untuk nelayan sekitarnya.

Dengan adanya TPI diharapkan bisa mengontrol harga ikan di pasaran dan melindungi nelayan untuk menjual hasil tangkapanya ke tengkulak.

Selain itu TPI diharapkan Edi dapat menjadi bahan evalusi pemerintah untuk memperbaiki kesejahteraan nelayan, maupun penanganan populasi ikan lokal seperti patin dan puyu.

Untuk diketahui bahwa pembangunan TPI Perairan Darat tersebut dimulai pada tahun 2017-2018 dengan dana dari Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap meliputi perencanaan hingga penyelesaian pekerjaan pokok berupa bangunan utama TPI, trestle, lahan parkir dan toilet.

Pembangunan dilanjutkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2019 untuk penyediaan dermaga, pagar dan gerbang, rumah genset, lampu tenaga surya dan pabrik es.

Acara peresmian TPI itu juga dihadiri oleh Dirjen Pembinaan Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh Kepala Subdit Pangkalan Pendaratan Ikan Didit Eko Setiawan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim Riza Indra Riadi, Kepala Dinas kelautan dan perikanan dan Kelautan Kukar Dadang S Supriatma, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ismed, Camat Kota Bangun Mawardi, Perwakilan perusahaan dari PT Bayan Grup Resource, serta hadir pula tiga anggota DPRD Kukar Sopan Sopian, H Doni Ikhwani, H Azhar Nuryadi.(adv/dokpim03)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved