Berita Pemkab Kutai Barat

Resmikan Kantor Lembaga Adat Tering, Bupati Berharap Bisa Lebih Optimal Dukung Pembangunan Kubar

Lembaga Adat merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan. Oleh sebab itu lembaga adat harus menjadi pemersatu

HUMASKAB KUBAR
Bupati Kutai Barat FX Yapan menggunting pita tanda peresmian Kantor Lembaga Adat Kecamatan Tering dan Ruratn Adat, Sabtu (14/3/2020). Puncak acara berupa pemotongan hewan kurban di Kecamatan Tering. 

SENDAWAR - Lembaga Adat merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan. Oleh sebab itu lembaga adat harus menjadi pemersatu seluruh elemen masyarakat, serta menjadi contoh di tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kutai Barat FX Yapan SH pada peresmian Kantor Lembaga Adat Kecamatan Tering dan Ruratn Adat, serta puncak acara pemotongan hewan kurban di Kecamatan Tering, Sabtu sore (14/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menerima Ruratn Adat yang dibuat Lembaga Adat Kecamatan Tering.

"Saya menerima Ruratn Adat dengan rasa bangga karena merupakan pelestarian adat dan bahagia. Ruratn Adat Sempekat untuk kebersamaan, sesuai harapan dari lembaga adat agar pemerintah kabupaten bisa membina dan membimbing lembaga adat," kata Bupati.

Turut hadir Asisten I, Asisten II, Inspektur Inspektorat serta Kepala PD, dan Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Kubar, Camat Tering dan Kepala Adat Besar Kabupaten Kubar.

Bupati juga menuturkan, keberadaan lembaga adat dari tingkat kabupaten, kecamatan dan kampung, pemkab sangat terbantu. Lembaga adat telah melaksanakan fungsinya sebagai perekat di tengah-tengah masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

Sekali lagi Pemkab Kubar berterima kasih kepada lembaga adat di 16 kecamatan yang selama ini telah bekerja keras dan bekerja ikhlas mendukung pembangunan di Kubar.

Bupati menyatakan dirinya tidak mampu membangun Kubar dengan kekuatan sendiri. Dengan bantuan seluruh kepala adat dan staf yang sudah diutus mengurus masyarakat, kita yakin mampu membangun adat istiadat, dan akhlak masyarakat Kubar menjadi lebih beradat, menuju kubar lebih maju lagi.

Sebagai mana kita ketahui bersama tugas lembaga adat, diperlukan sarana yang dapat mamfasilitasi kebutuhan-kebutuhan dengan diresmikan kantor lembaga adat diharapkan dapat memfasilitasi lembaga dalam mengoptimalkan peran dan fungsi terutama dalam pengembangan nilai-nilai adat dan budaya, serta melestarikan dan menguatkan keharmonisan adat budaya didalam kehidupan bermasyarakat.

Bupati juga berpesan kepada Lembaga Adat Kecamatan Tering agar semakin meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan setiap tugas serta tanggung jawab yang telah dipercayakan.

"Gunakan kantor lembaga adat sebagai mana mestinya sesuai peruntukannya serta bersama-sama seluruh unsur lembaga adat merawat dan menjaga gedung yang barus saja diresmikan," katanya.

Tidak lupa Bupati juga mengingatkan agar di lingkungan pekarangan kantor lembaga adat bisa memanfaatkan untuk bercocok tanam, seperti menanam bumbu-bumbu dapur, serta sayur-sayuran bahkan buah-buah lokal. Kantor tampak asri dan hijau menciptakan rasa nyaman. (adv/hms10/NAW)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved