Cetak Gol di Liga Brasil, Keisuke Honda Catat Sejarah Pemain Pertama Cetak Gol di 5 Benua

Luar biasa! Baru Keisuke Honda yang melakukannya. Mencetak gol di lima benua. Ini sesuatu yang unik yang belum pernah dilakukan pemain lainnya.

istimewa
Penyerang Jepang, Keisuke Honda (tengah). Prediksi Skor Jepang vs Polandia di Laga Terakhir Grup H Piala Dunia 2018 

TRIBUNKALTIM.CO  - Luar biasa! Baru Keisuke Honda yang melakukannya. Mencetak gol di lima benua. Ini sesuatu yang unik yang belum pernah dilakukan pemain lainnya.

Tinggal satu benua lagi yang belum disinggahi. Adakah peluang itu? Bisa jadi jika ada keinginan Honda untuk mencatat rekor itu. Ini menjadi rekor baru yang unik.

Pemain veteran Jepang, Keisuke Honda, mencatatkan namanya ke dalam buku sejarah sepak bola dunia seusai mencetak gol debut bersama klub Liga Brasil, Botafogo.

Keisuke Honda mencetak gol pertamanya bersama Botafogo ketika menghadapi Bangu pada ajang Campeonato Carioca. Pada pertandingan yang digelar di Estadio Nilton Santos, Senin (16/3/2020) dini hari WIB tersebut, Honda mencetak gol pada menit ke-29 melalui eksekusi penalti.

Itu merupakan gol debut Honda sejak bergabung dengan Botafogo pada Januari 2020.

Piala AFF 2018 - Kamboja Terpaksa Kehilangan Keisuke Honda saat Jamu Malaysia di Laga Pembuka

Keisuke Honda Mengeluh Kini Sering Duduk di Bangku Cadangan

Namun, gol Honda tak cukup untuk membantu Botafogo meraih kemenangan. Sebab, Bangu mampu mencetak gol balasan melalui Rhainer pada menit ke-59 sekaligus membuat laga berakhir dengan skor imbang 1-1.

Meski gagal membawa Botafogo meraih kemenangan, Honda mencetak sejarah pada pertandingan tersebut. Eks pemain AC Milan itu menjadi pesepak bola pertama yang mampu mencetak gol di lima wilayah benua berbeda, yakni Asia, Eropa, Amerika Utara, Oseania, dan terkini Amerika Selatan.

Honda mencetak gol di Benua Asia bersama Nagoya Grampus Eight. Di Eropa, pemain kelahiran Osaka itu mencetak gol bersama tiga klub berbeda yakni VVV-Venlo ( Belanda ), CSKA Moskwa (Rusia), dan AC Milan ( Italia).

Adapun, Honda mencetak gol di wilayah Amerika Utara ketika membela klub Liga Meksiko, Pachuca, pada periode 2017-2018. Selain pernah bermain di Asia, Eropa, dan Amerika Utara, Honda juga tercatat sempat berkarier di wilayah Oseania ketika membela Melbourne Victory pada 2018-2019.

Kontraknya Tak Diperpanjang Milan, Keisuke Honda Menyeberang ke Benua Sebelah

Irfan Bachdim: Keisuke Honda Rusak Debut Saya

Bersama klub yang bermain di A-League atau kompetisi sepak bola kasta teratas Liga Australia tersebut, Honda mencatatkan delapan gol dari total 24 penampilan. Gol terkini Honda di benua kelima, yakni Amerika Selatan, ia catatkan bersama Botafogo.

Selama kariernya di dunia sepak bola hingga saat ini, Honda mencatatkan prestasi tertinggi ketika membela CSKA Moskwa pada 2010-2013. Bersama klub raksasa Rusia tersebut, Honda meraih satu gelar juara Liga Primer Rusia, dua Piala Rusia, dan satu trofi Piala Super Rusia.

Ketika berseragam AC Milan pada 2014-2017, Honda juga turut merasakan gelar juara Supercoppa Italiana 2016. Di level internasional, Honda merupakan anggota timnas Jepang saat berlaga di Piala Dunia 2010, 2014, dan 2018. Pemain yang sempat melatih timnas Kamboja itu juga menjadi bagian skuad Samurai Biru saat menjuarai Piala Asia 2011.

Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved