Berita Pemprov Kalimantan Utara

Dapat PI 10 Persen di Blok Nunukan, MKJ Serahkan 1 Persen Saham ke BUMD PT BKJ

Parcitipating Interest (PI) 10 persen saham atas pengelolaan blok migas di Wilayah Kerja (WK) Nunukan, di Pulau Bunyu, Bulungan

HO - BAGIAN EKONOMI SETPROV KALTARA
Peta gambaran Lapangan Badik dan West Badik Blok Nunukan di Lepas Pantai Bunyu Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. 

TANJUNG SELOR - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Benuanta Kaltara Jaya kecipratan 1 persen saham Parcitipating Interest (PI) dari total 10 persen saham atas pengelolaan blok migas di Wilayah Kerja (WK) Nunukan, di Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan.

Direktur Utama (Dirut) PT Migas Kaltara Jaya, Poniti mengungkapkan, pengalihan saham satu persen tersebut merupakan amanat peraturan perundang-undangan. Dialihkannya saham 1 persen ke PT Benuanta Kaltara, praktis PT Migas Kaltara Jaya akan menguasai 99 persen saham PI.

“Secara ketentuan di Permen ESDM Nomor 37 Tahun 2016, syaratnya BUMD untuk mendapatkan PI 10 persen kan harus 99 persen milik Pemda.

Kemudian 1 persen adalah instansi terkait yang dikuasai oleh Pemda juga. Dalam hal ini, PT Benuanta Kaltara Jaya. Sehingga harapan kita ke depan, kami bersinergi," tutur Poniti kepada saat disua di VIP Room Bandara Internasional Juwata Tarakan, Jumat (13/3/2020).

Poniti menjelaskan, sebagai sama-sama BUMD milik Pemprov, PT Migas Kaltara Jaya dan PT Benuanta Kaltara Jaya akan berkolaborasi dalam pengelolaan WK Nunukan, meski perseroan daerah saudaranya itu juga memiliki rencana bisnis lain di luar pengelolaan WK Migas.

Dalam kontrak kerja sama pengelolaan WK Nunukan nanti, PT Migas Kaltara berfokus pada kegiatan eksploitasi dan eksplorasi bersama kontraktor PT Pertamina Hulu energy Nunukan Company (PHENC). Sebaliknya PT Benuanta Kaltara Jaya berperan sebagai pendukung.

“Kita juga kan dibagi resiko. Otomatis juga kita harapkan kegiatan-kegiatan yang berada di wilayah offshore itu dibagi. Contohnya cathering, kemudian pengangkutan-pengangkutan yang diperlukan dan tenaga kerja, akan dijajaki untuk PT Benuanta Kaltara Jaya," ujarnya.

PT Migas Kaltara Jaya kata Poniti, sedang menyiapkan langkah-langkah pra operasional antara lain membentuk tim negosiator untuk berkomunikasi dengan kontraktor.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengunjungi rig PT Pertamina Hulu Energy Nunukan Company di Blok Nunukan perairan Bunyu Kabupaten Bulungan 2015 silam.
Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengunjungi rig PT Pertamina Hulu Energy Nunukan Company di Blok Nunukan perairan Bunyu Kabupaten Bulungan 2015 silam. (TRIBUNKALTIM/MUHAMMAD ARFAN)

“Kalau nanti terjuadi sesuatu, kita juga kena hak dan kewajiban. Artinya kita juga dapat resikonya. Apapun kegiatan yang ada manfaat ekonomisnya, kita wajib dilibatkan.

Sehingga harapan kita, kita juga bersinergi dengan PT Benuanta Kaltara Jaya untuk memperluas lapangan pekerjaan dan lapangan usaha serta kesempatan lainnya yang bisa juga dinikmati oleh masyarakat Kaltara," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved