Berita DPRD Kalimantan Timur

Disampaikan dalam Musrenbang, Ini Daftar 9 Usulan Prioritas Kota Balikpapan Kepada DPRD Kaltim

Menurut Politisi PAN yang juga wakil rakyat asal daerah pemilihan Kota Balikpapan ini, bahwa usulan tersebut akan diperjuangkan pada APBD Kaltim

HUMAS DPRD KALTIM
Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo dan Anggota DPRD Kaltim asal Dapil Kota Balikpapan mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah Kota Balikpapan 2020 dalam rangka penyusunan RKPD 2021di Auditorium Kantor Walikota Balikpapan, Senin (16/3/2020). 

BALIKPAPAN - Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo membenarkan adanya 9 usulan prioritas yang disampaikan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Balikpapan.

Menurut Politisi PAN yang juga wakil rakyat asal daerah pemilihan Kota Balikpapan ini, bahwa usulan tersebut akan diperjuangkan pada APBD Kaltim Tahun Anggaran 2021.

"Jikapun tidak terpenuhi di 2021 maka akan dimasukkan ke APBD Perubahan 2021 setelah kita lihat lagi mana yang terpenuhi duluan. Seperti pembangunan SMK Negeri 7 Balikpapan dan pengendalian banjir akan kita utamakan," ungkap Sigit.

Selain SMK 7 dan pengendalian banjir, usulan lain yang disampaikan pada Musrenbang yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Walikota, Senin (16/3/2020) tersebut.

Tujuh usulan prioritas lainnya yaitu jalan tembus KM 8 ke Sepinggan, pembangunan dan pembebasan lahan Institute Teknologi Kalimantan (ITK), pelebaran jalan Mulawarman, pembangunan waduk wain, pengembangan kawasan peruntukkan industri Kariangau, hibah lahan eks Puskib dan pembangunan Ruang Terbuka Hijau, serta sistem penyediaan air minum regional khususnya Sepaku - Semoi dan Mahakam.

"Untuk pengendalian banjir Sungai AMPAL sampai ke MT Haryono itu pusat, untuk jalan Mulawarman sampai ke tol sebenarnya sudah ada sekitar Rp 14 miliar tinggal pelebaran jalan saja yang ini tidak perlu ganti rugi," terang Sigit.

Dalam acara yang juga diikuti sejumlah Anggota DPRD Kaltim asal dapil Balikpapan seperti Hasanuddin Mashud, Yusuf Mustafa, Muhammad Adam, Fitri Maisyaroh, Bagus Susetyo, H Baba, Edi Sunardi Darmawan, Mimi Meriami BR Pane dan Syafruddin. Sigit juga menerangkan bahwa DPRD Kaltim juga memiliki pokok-pokok pikiran yang nantinya bisa menjadi ruang untuk memasukkan usulan ini.

Musrenbang yang dibuka langsung oleh Walikota Balikpapan tersebut, Sigit juga turut menyepakati hasil Musrenbang dengan melakukan penandatangan kesepakatan. Diantaranya berisi menyepakati sasaran, indikator dan target sasaran Kota Balikpapan Tahun 2021 sebagaimana tercantum.

Kemudian menyepakati prioritas pembangunan daerah, rencana program, kegiatan prioritas, lokasi dan indikator kinerja yang disertai target dan kebutuhan pendanaan, telah diselaraskan dengan usulan kegiatan prioritas dari hasil forum perangkat daerah, pra Musrenbang dan Renstra perangkat daerah tahun 2016-2021. (adv/hms5)

Tags
Musrenbang
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved