Pilkada Balikpapan

Warga tak Berani Lapor Temuan, Bawaslu Balikpapan Sebut Tingkat Pengawas Partisipatif Masih Kurang

Bawaslu Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menyebut Kota Balikpapan masuk kedalam indeks kerawanan tingkat sedang.

Tribunkaltim.co/Miftah Aulia Anggraini
Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Balikpapan saat ditemui Tribunkaltim.co usai gelar sosialisai mengenai indeks kerawanan Pilkada 2020. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menyebut Kota Balikpapan masuk ke dalam indeks kerawanan tingkat sedang.

Hal itu dapat diartikan bahwasannya potensi kerawanan bisa saja kembali terjadi pada pemilihan kepala daerah kali ini yakni pada Pilkada 2020.

Menurut Ahmadi Aziz selaku Komisioner Bawaslu Kota Balikpapan, dari empat dimensi kerawanan yang paling menjadi krusial yakni terkait dengan partisipasi pemilu.

Pasalnya ia menyebut, dalam hal ini tingkat partisipasi Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, masih belum mencapai target atau masih berada di bawah 77,5 persen.

"Karena pilkada sebelumnya tingkat partisipatisinya adalah sekira 53 persen dan pemilu sekira 75 persen," ujar Ahmadi Aziz, Selasa (17/3/2020).

Pengusaha Muda Balikpapan Jadi Kekasih Baru Zaskia Gotik, Pernah Ikut Kontestasi Pilkada Balikpapan

Sementara itu, terkait dengan pengawasan partisipatif pun dirasa Ahmadi masih sangat kurang

Sebab di tahun 2019 lalu, semua dugaan pelanggaran yang di proses oleh Bawaslu, hampir semuanya berasal dari temuan.

Sehingga, hal itu tentunya membuat Bawaslu Kota Balikpapan mengajak seluruh masyarakat di Pilkada 2020, agar berani melaporkan setiap dugaan pelanggaran yang terjadi dilapangan.

"Tidak ada yang dilaporkan oleh masyarakat. Mungkin hal ini karena masyarakat enggan untuk melaporkan atau takut melapor. Jadi nanti bawaslu akan terus melakukan sosialisasi dalam hal ini," sebutnya.

(Tribunkaltim.co)

Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved