Berita Pemkab Mahakam Ulu

Berperan Sukseskan Pilkada 2020, KPU Mahulu Lantik Sekretariat PPK Se-Kabupaten Mahulu

Mulai sosialisasi, pengadaan logistik, pendistribusian, hingga pengembalian logistik sebagai dokumen atau bukti fisik hasil pemungutan suara.

HUMASKAB MAHULU
Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu Drs Yohanes Avun, MSi (tengah) foto bersama saat menghadiri Pelantikan Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mahulu 2020, di Ruang Rapat Kantor Bappelitbangda, Ujoh Bilang, Sabtu (14/3/220). 

UJOH BILANG - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh SH mengatakan, Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) memiliki tugas dan tanggung jawab berat dalam tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Mulai sosialisasi, pengadaan logistik, pendistribusian, hingga pengembalian logistik sebagai dokumen atau bukti fisik hasil pemungutan suara.

Untuk itulah, siapapun dia yang ditugaskan di Sekretariat PPK harus memiliki kemampuan dan integritas baik. Demikian disampaikan Bupati dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mahulu Drs Yohanes Avun MSi saat pelantikan petugas Sekretariat PPK se Kabupaten Mahulu.

Pelantikan Sekretariat PPK dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mahulu Frederik Melawen SH di Ruang Rapat Kantor Bappelitbangda, Sabtu (14/3/2020).

Petugas Sekretariat PPK terdiri dari 5 sekretaris serta 10 staf PPK dilantik berdasarkan Surat Keputusan Nomor 34/PL.04.2-Kpt/6411/KPU-Kab/III/2020. Masa bakti Sekrtariat PPK terhitung sejak 14 Maret hingga 30 November 2020.

Bersamaan dengan penandatanganan berita acara sumpah dan janji, dilakukan penandatanganan pakta integritas, yang disaksikan Sekkab Yohanes Avun mewakili Bupati dan Ketua KPU.

"Badan penyelenggara ad hoc beserta PPK merupakan ujung tombak penyelenggara Pemilu, terlebih pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah. Sehingga memiliki peran yang sangat penting," tegasnya.

Bupati juga berpesan, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai PPK penting untuk menjunjung tinggi netralitas.

"Dengan berbagai tahapan yang telah dilalui bagi anggota calon, petugas dan staf sekretariat yang dilantik memenuhi syarat untuk mengerjakan tugas-tugas pelaksana pilkada. Bukan hanya kecakapan saja, tetapi juga harus rajin, berdedikasi dan memiliki integritas. Selain itu, netralitas juga menjadi syarat yang mutlak bagi PPK dalam menjalankan tugas dan kewajibannya," harapnya.

Ketua KPU Frederik Melawen berharap Sekretariat dan anggota PPK Kecamatan dapat bersinergi, serta saling bahu-membahu dalam menyukseskan proses tahapan penyelenggaraan Pemilu 2020.

"Harapan besar juga kepada teman-teman Sekretariat PPK dalam membantu ketua PPK di setiap kecamatan. Sehingga tahapan penyelenggaraan Pemilu 2020 bisa berjalan dengan baik dan lancar, karena Sekretariat PPK bertugas dalam hal administrasi, baik sifatnya tata usaha maupun keuangan," ungkap Frederik.

Usai dilantik, seluruh anggota Sekretariat PPK mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), guna memantapkan kesiapan penyelenggaraan. Melalui Bimtek ini, diharapkan juga memperkuat pemahaman anggota terkait hal teknis yang akan dikerjakan dalam proses, maupun tahapan pada pemilihan nanti, baik bidang administrasi, tata usaha. (adv/hms11)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved