Berita Pemkab Kutai Barat

Bupati Kubar Minta Dinkes Bertindak Cepat Bersama RSUD HIS Antisipasi Penyebaran Covid-19

Kita lebih baik mengantisipasi dan mempersiapkan kemungkinan yang terjadi, karena mencegah lebih baik daripada mengobati,

HUMASKAB KUBAR
Bupati Kubar FX Yapan memberikan arahan saat menggelar rapat penanggulangan dan mengantisipasi merebaknya virus Corona di Ruang Rapat BP3D, Senin (16/3/2020). Ia didampingi Wakil Bupati H Edyanto Arkan, Sekda Drs.Yacob Tullur MM dan Forkompimda Kubar. 

SENDAWAR - Meski hingga kini belum ditemukan warga Kutai Barat yang suspect virus Covid-19 atau Corona, Pemkab Kubat bergerak cepat mengantipasi kasus yang sudah menjadi bencana nasional ini.

Sebagai langkah penanganan, Bupati Kubar FX Yapan SH didampingi Wakil Bupati H Edyanto Arkan SE, Sekda Drs.Yacob Tullur MM dan Forkompimda menggelar rapat penanggulangan dan mengantisipasi merebaknya virus Corona di Ruang Rapat BP3D, Senin (16/3/2020).

Dalam arahannya Bupati mengimbau Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) mengambil langkah yang tepat dan cepat, apabila ada dicurigai suspect virus Corona. RSUD HIS juga diminta menyiapkan ruangan khusus isolasi.

"Kita lebih baik mengantisipasi dan mempersiapkan kemungkinan yang terjadi, karena mencegah lebih baik daripada mengobati," kata Bupati. Ia juga meminta mengatur jam kunjung pasien. Kepada pengunjung dilarang membawa anak-anak dan beramai-ramai kunjungi pasien.

Wakil Bupati Edyanto Arkan mengharapkan, rumah sakit pemerintah dan swasta serta fasilitas kesehatan, puskesmas, pustu lebih meningkatkan dan menerapkan protokol penanganan sesuai tahapan dalam penanggulangan Covid-19. Tak hanya itu, layanan kesehatan juga diminta tetap melayani masyarakat yang berobat dengan sebaik-baiknya.

"Adakan sosialisasi kepada masyarakat tentang antisipasi virus corona, karena tidak semua masyarakat mengetahui tentang corona," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Yacob Tullur meminta pihak pemerintahan kecamatan, kampung dan RT proaktif dan memantau warganya dan bisa melaporkan segera ke fasilitas kesehatan, apabila ada warga yang dicurigai suspect Corona.

Sedangkan, Kadis Kesehatan dr Ritawati Sinaga mengatakan, selama ini Dinas Kesehatan sudah berusaha mengantisipasi penanggulangan kasus Covid-19.

Di antaranya menggelar rapat bersama OPD dan Forkompinda, Kutai Barat siap siaga menghadapi Corona. Begitu pun dengan RSUD HIS yang telah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan untuk Kutai Barat.

Lalu kerjasama Dinas Kesehatan dengan Bandara Udara Melalan melakukan deteksi dini dengan screening pada setiap orang yang tiba di Kutai Barat pada terminal kedatangan bandara.

"Upaya lain Dinkes menerbitkan surat edaran melibatkan 19 puskesmas dan Pemerintah Kecamatan, membentuk tim tanggap penanganan Covid-19 dan memberikan penyuluhan serta sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat tentang virus Corona," tambahnya. (adv/HMS36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved