Breaking News:

TRIBUN WIKI

TRIBUN WIKI Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Anak Kampung Jadi Dandim

Lahir dari keluarga sederhana, tak lunturkan hasrat Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa menjadi Anggota TNI hingga jadi Komandan Kodim

Tribunkaltim.co, Risnawati
Komandan Kodim (Dandim) 0905 Balikpapan, Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Lahir dari keluarga sederhana, tak lunturkan hasrat Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa menjadi Anggota TNI hingga jadi Komandan Kodim ( Dandim ).

Sosok beliau pasti sudah tidak asing di mata masyarakat kota Balikpapan. Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa saat ini menjabat sebagai Dandim 0905 Balikpapan.

 

Dirinya lahir dan besar di Desa Denbantas yang terletak Kabupaten Tabanan, Bali. Pada 43 tahun silam, tepatnya 9 Agustus 1976. Ia menghabiskan masa kecilnya di desa tersebut.

Sejak kecil Ia memang bercita-cita ingin menjadi ABRI (TNI ) sekarang). Bukan karena paksaan orang tua tapi keinginan kuatnya mengabdi pada bangsa dan negara.

Walaupun orang tua hanya seorang peternak ayam, tapi tak menyurutkan keinginannya untuk menjadi sorang abdi negara. Nasib orang memang tak ada yang tau. Siapa yang sangka dirinya bisa jadi ABRI saat itu, meski sempat pesimistis.

TMMD Ke-107 Kodim 0905 Balikpapan Ajak Warga Bergotong Royong, Ada Bazar UMKM Saat Pembukaan

"Mulai SMP itu saya ditawari sama guru BP ( Bimbingan Konseling ) masuk sekolah Taruna. Kan di Magelang tuh ada SMA Taruna dulu, SMA yang berbasis militer yang gratis begitu. Saya bilang, wah jauh pak apalagi pasti mahal, terus guru saya bilang kalau itu gratis.

Nah gara-gara dengar kata gratis, saya anak kampung nih yang mungkin pas-pasan gitu, nyari gratisnya intinya. Jadi masuklah saya di SMA Taruna Nusantara itu, dan syukurnya lulus," ujarnya sembari tertawa.

Berawal dari SMA Taruna Nusantara itulah, terbuka karir kemiliteran ayah satu anak ini. Setamatnya dari SMA Taruna Nusantara pada tahun 1994, Ia pun masuk Akademi Militer dan menamatkan Akademinya pada tahun 1997, kemudian Ia melanjutkan pendidikan Dasar Kecabangan Artileri Medan.

Semarak Gelaran Tarian di Kodim 0905 Balikpapan

Tak mudah baginya hingga bisa menjadi Dandim seperti sekarang ini. Pria asal Bali ini melaksanakan dinas pertamanya di Komando Strategis Angkatan Darat ( Kostrad ) Divisi II di Jember, Jawa Timur.

"Saya dinas pertama di Kostrad (Komando Strategis Angkatan Darat) di divisi II di jember, habis itu saya Diklapa (Pendidikan Lanjutan Perwira) habis itu saya dapat job Mayor saya. Jadi dari Letda sampai Kapten itu saya dapat di Kostrad itu.

Halaman
12
Penulis: Risnawati
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved