Virus Corona

Cegah Penyebaran Covid- 19, PMI Kabupaten Berau Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Fasum

PMI Kabupaten Berau Kalimantan Timur, melakukan aksi penyemperotan Desinfektan, Kamis (19/3/2020). di fasilitas umum, masjid, gereja, perkantoran

Tribunkaltim.co, Ikbal Nurkarim
PMI Kabupaten Berau semprotkan Desinfektan di Masjid 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Menyikapi dampak mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 yang merebak belakangan ini, PMI Kabupaten Berau Kalimantan Timur, melakukan aksi penyemperotan Desinfektan, Kamis (19/3/2020).

Penyemperotan Desinfektan dilakukan di fasilitas umum di sekitar wilayah Tanjung Redeb dan sekitarnya. Seperti masjid, gereja dan perkantoran.

Kegiatan yang dimulai mulai (18/03/2020) itu, merupakan anjuran dari PMI Pusat dan program kerja PMI Kabupaten Berau.

Ketua PMI Kabupaten Berau, Agus Tantomo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PMI Berau dalam menghadapi merebaknya virus Covid-19.

Menurut wakil Bupati Berau itu penyemperotan Desinfektan dilakukan secara berkelanjutan hingga virus mematikan tersebut dapat dicegah penyebarannya.

Idul Fitri Tahun Ini Dirayakan Dalam Kondisi Darurat Corona, Masa Darurat Diperpanjang 91 Hari

Penularan Virus Corona Berpotensi Lewat Udara, Tak Hanya Lewat Batuk dan Bersin, Ini Peringatan WHO

"Sebelum ditetapkan sebagai kasus kejadian luar biasa ( KLB ) di Berau, kita harus sedini mungkin mempersiapkan segala sesuatunya," katanya.

"Meningkatkan kewaspadaan sebelum terjadi, itu merupakan standart yang wajib dijalankan oleh PMI," tuturnya.

Kegiatan penyemperotan ini nantinya akan dilaksanakan secara menyeluruh sesuai dengan kemampuan dan arahan dari stakeholder terkait.

"Kami selanjutnya akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti BPBD Berau yang menjadi leading sector dan Dinas Kesehatan Berau, agar kegiatan ini menjadi tepat sasaran dan mendapatkan hasil yang maksimal," jelasnya.

Nikita Mirzani Beberkan Cara Cegah Virus Corona Masuk Rumah, Ganti Baju di Luar?

Untuk diketahui, cairan yang digunakan dalam penyemperotan ini adalah air yang dicampur dengan cairan Desinfektan yang mengandung sodium hypoclorite yang bisa digunakan untuk pembersih kuman dan bakteri dengan perbandingan 10 Desinfektan berbanding 1 liter air.

Dalam mencampurnya harus hati-hati dengan mempergunakan Alat Pelindung Diri (APD) agar tidak terkena kulit dan organ vital dibagian tubuh petugasnya.

Sebelum dilakukan penyemperotan di tempat yang jadi objek harus steril dan dibersihkan terlebih dahulu, agar hasilnya lebih efektif. (TribunKaltim.co/Ikbal Nurkarim)

IKUTI >> Update virus Corona

Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved