Berita DPRD Kalimantan Timur

Tangani Covid-19, DPRD Kaltim Siap Terima Usulan Pemprov Kaltim Soal Dana Darurat

Sigit juga mengimbau seluruh elemen masyarakat bersama-sama mencegah penyebaran virus tersebut di Bumi Etam Kalimantan Timur.

HUMAS DPRD KALTIM
Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo (tiga dari kiri) saat mengikuti Rapat Koordinasi di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Senin (16/3/2020). 

SAMARINDA - Covid-19 telah menjadi isu dunia, kini giliran Kalimantan Timur yang semakin serius merespon dengan mengupayakan segala tindakan mengurangi penyebaran virus tersebut. Bahkan DPRD Kaltim juga sepakat untuk mendukung pendanaan dalam upaya memerangi virus ini.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo sesuai dalam pembahasan dalam Rapat Koordinasi yang dipimpin Gubernur Kaltim Isran Noor dalam rapat terbatas, Senin (16/3/2020) lalu di Hotel Grand Senyiur Balikpapan yang dihadiri seluruh kepala daerah di kabupaten/kota

"Tentu diperlukan pendanaan darurat dalam kondisi mendesak seperti saat ini. DPRD Kaltim siap menerima usulan pendanaan melalui perubahan anggaran yang nantinya dipergunakan untuk situasi darurat seperti pengadaan alat pelindung, obat-obatan maupun peralatan medis dan keperluan terkait lainnya,"ungkap Sigit.

Sigit juga mengimbau seluruh elemen masyarakat bersama-sama mencegah penyebaran virus tersebut di Bumi Etam Kalimantan Timur.

Tak hanya itu, Sigit juga menerangkan bahwa dalam pertemuan juga disepakati local lockdown yang artinya mengehentikan sementara kegiatan yang melibatkan banyak orang.

"Termasuk keputusan untuk meliburkan sekolah mulai jenjang PAUD hingga perguruan tinggi, selain itu pertemuan juga membahas pembentukkan gugus tugas yang mana gugus tugas ini harus memginventarisir sejumlah keperluan termasuk call center," sebutnya.

Kemudian gugus tugas juga menyediakan dan menyiapkan tempat-tempat yang nantinya bisa digunakan pada situasi darurat untuk menampung pasien misalnya. Dalam hal ini menurut Sigit telah ada sejumlah tempat yang siap dan juga diusulkan seperti asrama haji, namun masih memerlukan komunikasi lebih lanjut.

 Oleh sebab itu masyarakat diminta agar tertib menjalankan arahan pemerintah untuk menghindari penyebaran virus tersebut . Selain dengan transparansi dan tak ragu untuk melaporkan adanya kemungkinan terpapar virus tersebut.

Pertemuan yang juga dihadiri Anggota DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Kapolda Kaltim, Pangdam IV Mulawarman tersebut dan sejumlah kepala daerah tersebut.

Sigit kembali meminta warga untuk tetap tenang dan menjalankan intruksi agar menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, menghindari keramaian dan menghindari kontak langsung dengan orang lain. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved