Berita PEmprov Kalimantan Timur

Cegah Covid-19, Masjid Pemprov Kaltim Belum Akan Dipasangi AC dan Sajadah

Saat ini, pemeliharaan masjid masih dalam tanggung jawab kontraktor. Dia meminta agar kebersihan masjid selalu dijaga dengan baik.

HUMASPROV KALTIM/AHMAD RIANDI
Inilah Masjid Pemprov Kaltim di eks Lapangan Kinibalu, belakang kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Kamis (19/3/2020). Masjid ini telah rampung dibangun, dan akan segera dimanfaatkan terutama jelang Ramadan. 

SAMARINDAMasjid Pemprov Kaltim di Jalan Jenderal Sudirman Samarinda akan segera difungsikan. Kabar baik ini disampaikan Plt Sekprov Kaltim HM Sa'bani usai meninjau masjid yang dibangun sejak tahun 2018 itu.

"Alhamdulillah pembangunan Masjid Pemprov Kaltim sudah rampung. Karena sudah selesai, Pemprov Kaltim berencana untuk segera memanfaatkannya,” kata Sa’bani, Kamis (19/3/2020).

Saat ini, pemeliharaan masjid masih dalam tanggung jawab kontraktor. Dia meminta agar kebersihan masjid selalu dijaga dengan baik.

Sa'bani menjelaskan pemanfaatan masjid ini karena masjid yang lama sudah tidak cukup mampu menampung jemaah ketika melaksanakan salat zuhur dan asar. Bahkan jemaah seringkali meluap hingga ke luar ruangan masjid.

Untuk mendukung aktivitas masjid yang dibangun dengan IMB bernomor 1741/DPMPTSP-KS/IMB/C/XI/2018 ini, Badan Pengelola Masjid telah dibentuk. Begitu pula dengan imam dan muazin salat rawatib juga telah dipilih melalui seleksi beberapa pekan lalu.

Sa’bani mengingatkan kepada pihak pengelola masjid ini agar membersihkan setiap waktu, termasuk sebelum masuk waktu salat.

"Kita masih menunggu arahan pimpinan untuk pemanfaatan masjid," ungkapnya.

Kemudian, menyusul kian meluasnya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pihak pengelola masih belum akan memasang karpet dan sajadah untuk jemaah. Termasuk AC juga belum dipasang. Saat salat pengelola masih akan menggunakan kipas angin biasa.

"Hal ini bentuk kewaspadaan kita terhadap mewabahnya virus corona. Jamaah juga diminta untuk membawa sajadah masing-masing. Pengelola sementara tidak memasang karpet hingga batas waktu yang belum ditentukan," jelasnya.

Urusan listrik dan air tak masalah. Pengelola juga sudah menyiapkan genset listrik, jika listrik dari PLN padam. Seluruh sound system masjid ini, di luar maupun dalam pengecekan terlihat sudah sangat bagus.

"Untuk tirai jamaah wanita sementara memang belum disediakan. Begitu juga mukena dan sarung belum disediakan. Tapi, pelan-pelan akan kita lengkapi," jelasnya. (jay/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved