Berita Pemprov Kalimantan Utara

Gubernur Lakukan Groundbreaking Kantor BINDA Kaltara, Dibiayai APBD 2020 Sebesar Rp 14,5 Miliar

bersumber dari APBD Kaltara 2020 sekitar Rp 14,5 miliar. Pembangunannya ditarget selesai pada Desember 2020

HUMASPROV KALTARA
GROUNDBREAKING - Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie bersama Staf Khusus BIN RI Mayjen TNI Suyanto melakukan groundbreaking gedung Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kaltara di Tarakan, Senin (23/3/2020) pagi. 

TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie bersama Staf Khusus Badan Intelijen Negara (BIN) RI Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Suyanto melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Kantor Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Provinsi Kalimantan Utara di Jalan Bhayangkara, Pasir Putih, Kota Tarakan, Senin (23/3/2020) pagi.

Dijabarkan Gubernur, gedung Kantor BINDA Kaltara dibangun diatas lahan hibah Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan seluas 6.555 meter persegi.

“Untuk pembangunan fisiknya, anggarannya bersumber dari APBD Kaltara 2020 sekitar Rp 14,5 miliar. Pembangunannya ditarget selesai pada Desember 2020,” kata Irianto.

Gedung ini dibangun tiga lantai dengan luasan sekitar 700 meter persegi. “BINDA Kaltara dibentuk sejak 2015 yang dimulai dengan Surat Gubernur Kaltara kepada BIN untuk pendirian dan penempatan personel BINDA Kaltara.

Artinya, ada proses yang cukup panjang sebelum akhirnya dibangun gedung ini. Dan, saya menyampaikan terima kasih kepada Walikota Tarakan yang telah menghibahkan lahan untuk pembangunan gedung kantor BINDA Kaltara ini,” urai Gubernur.

Di kesempatan tersebut, Irianto juga membacakan sambutan Kepala BIN Budi Gunawan. Dalam pidatonya, Kepala BIN menyebutkan bahwa kemampuan intelijen menentukan martabat sebuah negara. Intelijen juga garis depan untuk mengantisipasi ancaman dari dalam dan luar negeri.

“Intelijen negara selalu berupaya berbenah agar mampu diandalkan. Untuk berkelas dunia, intelijen harus didukung dengan SDM yang berkualitas, sarana prasarana serta teknologi yang terkini,” ucap Irianto membacakan pidato tersebut.

Dalam tugasnya, BINDA Kaltara harus mampu melakukan cegah dan deteksi dini ancam negara. Hal ini ditopang dengan keberadaan kantor BINDA Kaltara.

“Keberadaan BIN di Kaltara, sangat strategis untuk menjaga stabilitas keamanan yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah,” jelasnya.

Usai melakukan groundbreaking kantor BINDA Kaltara, Gubernur bersama rombongan meninjau gedung kantor sekretariat Esport Indonesia Provinsi Kalimantan Utara di Jalan Hasanuddin, Karang Anyar Pantai, Tarakan Barat.(adv/humas)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved