Berita Pemkab Kutai Timuf

ODP di Kutai Timur Jadi 89 Orang, Bupati Ismunandar Bagi-bagi Masker Gratis untuk Warga

Antisipasi terhadap penyebaran covid -19 kian masif dilakukan di Kabupaten Kutai Timur, terutama di ibukota kabupaten, Sangatta.

HO/DISKOMINFO PERSTIK KUTIM
BAGI MASKER - Bupati Kutai Timur Ismunandar membagi-bagikan kepada warga di sejumlah titik area publik di Sangatta, Senin (23/3/2020). 

SANGATTA  - Antisipasi terhadap penyebaran covid -19 kian masif dilakukan di Kabupaten Kutai Timur, terutama di ibukota kabupaten, Sangatta.

Tiga hari belakangan ini, telah dilakukan beragam kegiatan oleh Pemkab Kutai Timur, melalui Satgas Covid 19 yang dipimpin Sekda Drs H Irawansyah M Si dan Kepala BPBD Kutim, Syafruddin Syam.

Mulai dari menyediakan fasilitas cuci tangan di area Pasar Induk, Pasar Sangatta Selatan dan Polder Sangatta, pembagian masker di beberapa titik keramaian hingga penyemprotan disinfektan di beberapa rumah ibadah hingga ke kawasan terminal bus Sangatta.

Bahkan kegiatan pencegahan serupa juga diikuti jajaran Kepolisian baik di Polres Kutim maupun di tingkat polsek. Dengan penyediakan sarana cuci tangan di depan kantor polisi setempat dan bagi-bagi masker pada masyarakat pedagang di pasar-pasar.

Kapolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo mencuci tangannya di depan Polres Kutim usai turut membagikan masker  gratis di sekitar tempat area publik seperti pasar induk dan terminal di Sangatta, Senin (23/3/2020).
Kapolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo mencuci tangannya di depan Polres Kutim usai turut membagikan masker gratis di sekitar tempat area publik seperti pasar induk dan terminal di Sangatta, Senin (23/3/2020). (HO/DISKOMINFO PERSTIK KUTIM)

Selain itu, juga dilakukan penyebaran informasi tentang covid 19 dan imbauan bagi warga untuk tetap berada di rumah masing-masing selama 14 hari, sesuai anjuran pemerintah. Penyebaran informasi tersebut dilakukan menggunakan pengeras suara yang bergerak ke beberapa kawasan pemukiman padat penduduk.

Kesemuanya beranjak dari sudah adanya satu warga Kutai Timur yang dinyatakan positif corona dan sedang dirawat di RSUD AM Parikesit Tenggarong. Serta, masih banyaknya warga Kutai Timur yang melakukan perjalanan keluar kota, terutama ke tempat yang terjangkit covid 19.

Petugas melakukan penyemprotan disinfeksitan untuk mencegah penyebaran Covid-9 di sejumlah kantor pemerintah dan leyanan umum di Sangatta, Senin (23/3/2020).
Petugas melakukan penyemprotan disinfeksitan untuk mencegah penyebaran Covid-9 di sejumlah kantor pemerintah dan leyanan umum di Sangatta, Senin (23/3/2020). (HO/DISKOMINFO PERSTIK KUTIM)

“Data per tanggal 22 Maret 2020, Orang Dengan Pemantauan (OPD) covid -19 di Kutai Timur, mencapai 89 orang. Angka itu berdasarkan pemantauan tim Dinas Kesehatan pada warga yang berpergian ke kota yang terjangkit dan penelusuran kontak dengan Pasien Dengan Pengawasan (PDP) maupun pasien positif di kota lain.

Semua masuk dalam pemantauan kita,” ungkap Kadis Kesehatan Kutim dr Bahrani Hasanal melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Muhammad Yusuf.

Dari angka itu, Kutai Timur masuk urutan ketiga ODP, di bawah, Kota Balikpapan dengan jumlah 137 kasus dan Samarinda 114 kasus.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/sar)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved