Virus Corona

Pandemi Virus Covid-19 tak Kunjung Usai, Wilayah Terjangkit Dimungkinkan Lakukan Pilkada Susulan

Wabah Virus Corona, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan hal ini bisa saja akan mempengaruhi pencoblosan pada Pilkada 2020.

Tribunkaltim.co/Miftah Aulia Anggraini
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Noor Thoha saat ditemui Tribunkaltim.co. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI beberapa waktu lalu telah mengambil langkah untuk menunda empat tahapan kepemiluan.

Empat tahapan tersebut yakni terkait penundaan pelantikan PPS, verivikasi faktual bagi kabupaten/kota yang memiliki calon perorangan, penundaan pembentukan PPDP dan penundaan pemutakhiran data pemilih.

Menyikapi hal ini, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan hal ini bisa saja akan mempengaruhi pencoblosan pada Pilkada 2020 mendatang.

Sebab, apabila wabah pandemi Virus Corona semakin menggila, maka praktis pencoblosan bisa saja mundur dari rencana awal yang direncanakan jatuh pada 23 September mendatang.

"Berpengaruh atau tidaknya ini sangat tergantung. Tapi jika virus corona ini terus-terusan maka bisa jadi pencoblosan mundur karena sangat dimungkinkan dalam undang-undang," ujar Noor Thoha kepada Tribunkaltim.co di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (24/3/2020).

BACA JUGA:

 UPDATE Virus Corona di Indonesia, 24 Maret Melonjak 686 Kasus, Pertama di NTB dan Sumatera Selatan

 UPDATE Virus Corona di Balikpapan, Penanggulangan Covid-19, Serap Hampir Seluruh Dana KLB Pemkot

Ia menjelaskan bahwa bisa saja terjadi pemilu susulan, sebab tidak semua Provinsi atau Kabupaten/Kota terkena wabah tersebut.

Sehingga, Thoha menilai pemilu susulan dimungkinkan saja terjadi di Kota Balikpapan karena kota minyak saat ini tengah merasakan dampak dari adanya Covid-19 atau Virus Corona.

"Jadi yang tidak kena wabah jalani saja sesuai dengan normal. Tapi bagi yang kena wabah maka harus menyesuaikan," tandasnya.

(Tribunkaltim.co)

Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved