Virus Corona

Sempat Tangani Pasien Covid 19, Operasional RSIA Cahaya Sangatta Tutup Sementara

Satu warga Sangatta, Kabupaten Kutai Timur yang dinyatakan positif covid 19, diketahui sempat berobat ke Rumah Sakit Ibu dan Anak atau RSIA Cahaya

Tribunkaltim.co, MARGARET SARITA
RSIA Cahaya Sangatta 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Salah satu warga Sangatta, Kabupaten Kutai Timur yang dinyatakan positif covid 19, diketahui sempat berobat ke Rumah Sakit Ibu dan Anak atau RSIA Cahaya Sangatta. Warga datang ke rumah sakit tersebut sebanyak tiga kali dengan keluhan, sakit kepala, mual dan letih juga disertai batuk pada kontrol kedua.

Tak membaik, ia pun dirujuk ke RSUD Taman Husada hingga akhirnya dinyatakan positif terpapar virus corona.

RSIA Cahaya Sangatta memutuskan untuk menghentikan pelayanan atau operasional mulai Rabu (25/3/2020) besok hingga waktu yang tidak ditentukan.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur RSIA Cahaya Sangatta dr Meitha PE Togas dalam press rilisnya, Selasa (24/3/20) hari ini.

“RSIA Cahaya Sangatta saat ini dihadapkan dengan potensial risiko Biologi (virus) dan risiko psikososial (beban kerja berlebih, tekanan psikis dan mental terkait adanya PDP terkonfirmasi Covid-19.

Bupati Kutai Timur Ismunandar Pastikan Operasional Pasar Induk Tetap Normal

ODP di Kutai Timur Jadi 89 Orang, Bupati Ismunandar Bagi-bagi Masker Gratis untuk Warga

Cegah Virus Corona, Polsek Kongbeng Kutai Timur Sediakan Tempat Cuci Tangan

Berdasarkan hal tersebut maka dengan berat hati kami menyampaikan bahwa RSIA Cahaya Sangatta mengambil kebijakan akan melakukan penutupan ( lockdown ) kegiatan operasional rumah sakit terhitung mulai hari Rabu 25 Maret 2020 besok sampai dalam waktu yang tidak dapat ditentukan,” ujarnya.

Seluruh wilayah sarana dan prasarana RSAI Sangatta, menurut dr Meitha, sudah melakukan proses disinfektan. Langkah itu dilakukan disusul dengan isolasi mandiri oleh 26 tenaga kesehatan.

Mereka adalah yang pernah berinteraksi atau bersinggungan dengan pasien suspect covid-19, yang saat ini ditangani di RSUD Taman Husada Bontang.

Manfaatkan Akhir Pekan, Satgas Semprot Disinfektan di Sejumlah Rumah Ibadah di Kutai Timur

Pasien Corona di Tenggarong Berasal dari Kutai Timur, Tiga Anggota Keluarga Berada dalam Status ODP

Meitha menjelaskan kronologis pasien suspect Covid-19 tersebut awalnya datang ke RSIA Cahaya Sangatta pada tanggal 5 Maret 2020, 9 Maret 2020, dan pada tanggal 13 Maret 2020 pasien dirawat inap di RSIA Cahaya Sangatta hingga akhirnya dirujuk ke RSUD Taman Husada Bontang sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 pada tanggal 16 Maret 2020.

Semua kebijakan, menurut Meitha, dalam rangka mencegah wabah corona yang lebih luas lagi di wilayah Sangatta, utamanya di Kutim.

Mengingat hingga saat ini sudah ada dua warga Kutim yang dinyatakan positif corona. Salah satunya yang pernah memeriksakan kesehatan di RSIA Cahaya Sangatta.(sar)

IKUTI >>>>> Update Virus Corona

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved