Berita Pemkab Berau

Cegah Covid-19, Pemkab Siapkan Chamber Body Sterilizer di Pintu Keluar-Masuk Wilayah Berau

Chamber body sterilizer ini akan disiapkan beberapa unit untuk ditempatkan di sejumlah titik. Seperti di Bandar udara Kalimarau

HUMASKAB BERAU
Inilah chamber body sterilizer yang dipasang di Bandara Kalimarau, Tanjung Redeb. Perangkat yang menghembuskan embun desinfektan yang dirakit tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau ini, ditinjau langsung Bupati Berau, Muharram, bersama Sekkab, M Gazali serta Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Berau, Datu Kesuma, Rabu (25/3/2020). 

TANJUNG REDEB - Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Bumi Batiwakkal terus dilakukan. Pemkab Berau melalui tim pelaksana gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kini menyiapkan chamber body sterilizer dan outdoor body sterilizier yang akan ditempatkan di beberapa titik keluar masuk orang maupun pusat keramaian di Kabupaten Berau.

Perangkat yang menghembuskan embun desinfektan yang dirakit tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau ini, ditinjau langsung Bupati Berau, Muharram, bersama Sekkab, M Gazali serta Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Berau, Datu Kesuma, Rabu (25/3/2020).

Chamber body sterilizer ini nantinya akan disiapkan beberapa unit untuk ditempatkan di sejumlah titik. Seperti di Bandar udara Kalimarau yang merupakan pintu masuk transportasi udara ke Bumi Batiwakkal. Selain itu beberapa tempat yang dianggap strategis juga akan ditempatkan bagi chamber maupun outdoor sterilizer.

Bupati Berau, Muharram, mengatakan keberadaan perangkat chamber body sterilizer ini sangat efektif untuk memastikan mereka yang keluar masuk Berau dalam kondisi steril setelah melalui alat ini.

Dan ini mempercepat proses penyemprotan dibanding yang dilakukan petugas secara manual selama ini. Sehingga disamping dilakukan pemeriksaan dan pencatatan identitas yang lengkap, setiap mereka yang baru datang terutama dari daerah yang suspect corona tentu akan disterilkan melalui perangkat ini.

"Mudah mudahan seluruh tubuh bisa steril dengan melalui alat ini, jadi ini upaya preventif kita untuk mencegah penyebaran virus corona. Jadi sebelum pulang paling tidak sebelum pulang ke rumah mereka sudah kita sterilkan," jelasnya.

Pemasangan perangkat strerilizer ini dijelaskan Muharram akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhannya. Apakah menggunakan chamber atau cukup menggunakan outdoor body sterilizer, yang menurutnya juga cukup efektif. Setidaknya disampaikan Muharram ada 10 unit yang perlu disiapkan dan diletakkan di beberapa titik strategis.

Selain di wilayah perkotaan, tim pelaksana gugus tugas percepatan penanganan covid-19 yang merupakan gabungan lintas instansi juga telah membentuk posko pembantu di beberapa titik jalan poros keluar dan masuk Kabupaten Berau.

Seperti di poros Labanan maupun di poros pintu masuk Kabupaten Berau dan provinsi Kalimantan Utara di wilayah Gunung Tabur.

Posko ini dikatakan Muharram juga nantinya akan dilengkapi perangkat sterilizer. "Nantinya di posko yang sudah dibentuk juga nanti dilengkapi perangkat strelizer ini, bagaimana orang yang setiap datang selalu terproteksi dengan baik," jelasnya.

Tidak hanya di Kota Tanjung Redeb, upaya penanganan covid-19 diharapkan Muharram juga dilakukan diseluruh kecamatan hingga kelurahan dan kampung. Bahkan Muharram meminta pemerintah kampung dan perangkatnya melakukan protek terhadap siapa saja yang masuk ke kampungnya.
Muharram memberikan apresiasi kepada kampung yang telah menetapkan tidak menerima pendatang guna menghindari penyebaran virus corona. Upaya ini menurutnya perlu dilakukan agar siapa saja yang berada di kampung dapat terhindari dari covid-19.

"Jadi ini bagus, setiap kampung memastikan di wilayahnya tidak ada orang baru dan jika pun ada, perlu dilakukan sterilisasi guna mencegah penyebaran corona, jika ini dilakukan saya yakin kampung akan bersih dari covid-19," tandasnya. (ADV.HMS)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved