Virus Corona di Kaltim

Jika Keberangkatan Haji Ditunda Tahun Ini, Kemenag Kaltim Sebut Dana Pelunasan Bakal Dikembalikan

Jika Keberangkatan Haji Ditunda Tahun Ini, Kemenag Kaltim Sebut Dana Pelunasan Bakal Dikembalikan

TRIBUNKALTIM.CO/PURNOMO SUSANTO
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kaltim, Ahmad Ridani. Jika Keberangkatan Haji Ditunda Tahun Ini, Kemenag Kaltim Sebut Dana Pelunasan Bakal Dikembalikan 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Santer kabar keberangkatan haji tahun ini bakal ditunda karena kebijakan Pemerintah Arab Saudi demi menangkal wabah Virus Corona.

Namun pihak Kantor Wilayah Kemenag Kaltim belum menerima surat edaran terkait kabar penundaan keberangkatan haji tahun ini.

Namun jika penundaan haji itu terjadi, pihak Kemenag Kukar menyebut, bakal mengembalikan dana pelunasan haji yang sudah telanjur disetorkan. 

Keputusan pemerintah Arab Saudi mencabut aturan soal penutupan tempat-tempat ibadah umat muslim untuk seluruh negara di dunia belum juga dilakukan.

Atas hal itu, pemerintah Indonesia bersiap-siap dalam menghadapi kemungkinan adanya penundaan keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2020 ini.

Kantor Kementrian Agama Kalimantan Timur ( Kemenag Kaltim ) melalui Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Ahmad Ridani mengungkapkan, telah mengetahui adanya kemungkinan tersebut.

Masjid Raya Darussalam Tetap Gelar Sholat Jumat, Haji Armani: Imbauan MUI Samarinda Tidak Spesifik

Arab Saudi Berpotensi Batalkan Ibadah Haji 2020, Menag Fachrul Razi Siapkan 2 Skenario Tanpa Manasik

“Ia benar, kami telah mengetahuinya. Itu juga sudah disampaikan langsung oleh Pak Menteri Agama, Fachrul Razi,” ujarnya saat diwawancara Tribunkaltim.co melalui telepon selulernya, pada Jumat (27/3/2020) sore.

“Kami monitor terus perkembangannya seperti apa. Tapi, sampai saat ini kami belum menerima keputusan atau edaran apapun mengenai penundaan haji. Jadi, kami menunggu saja dari Pak Menteri seperti apa,” lanjutnya.

Namun, disampaikan Ridani, memang ada beberapa kemungkinan dalam menghadapi persoalan itu, saat memang benar-benar penundaan haji diberlakukan oleh pemerintah Arab Saudi.

“Misalnya saja, adanya pengembalian uang yang telah dilunasi oleh calon jemaah haji ke rekening tabungan haji para jemaah haji tersebut. Tapi, ini masih kemungkinan ya. Sebab, belum ada keputusan resminya,” paparnya.

Halaman
12
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved