Berita Pemprov Kalimantan Timur

Belum Ada Kegiatan Fisik Apapun, Gubernur Kaltim Isran Noor Pastikan IKN Aman dari Covid-19

"Jadi kalau melihat agenda pusat untuk IKN di Kaltim ini baru dimulai pada 2021. Khususnya mengawali pembangunan fisik

HUMASPROV KALTIM
Gubernur Kaltim Isran Noor 

SAMARINDA - Penyebaran wabah virus corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) cukup memprihatinkan seantero nusantara.

Namun, tidak terhadap kawasan relokasi ibu kota negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Hingga saat ini, belum ada kegiatan di IKN. Jadi bisa dipastikan di sana masih aman tidak ada kondisi mencemaskan terkait penyebaran Covid-19," kata Gubernur Kaltim H Isran Noor di Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, pekan lalu.

Penegasan Gubernur sangat beralasan, karena hingga saat ini memang belum ada kegiatan fisik di IKN yang diputuskan Presiden Joko Widodo pada Agustus 2019 lalu.

Menurut Isran, sesuai agenda pemerintah pusat untuk kegiatan fisik atau pembangunan infrastruktur memang dijadwalkan pada 2021.

Sedangkan, tahun 2020 ini masih dalam tahap persiapan lokasi (lahan IKN) dan membuat tata aturan (UU IKN) sebagai landasan hukum pemindahan sekaligus pembangunan IKN di Kaltim.

"Jadi kalau melihat agenda pusat untuk IKN di Kaltim ini baru dimulai pada 2021. Khususnya mengawali pembangunan fisik baik infrastruktur jalan maupun gedung. Target pindah tetapi 2024," jelasnya.

Sementara rancangan atau desain IKN berwawasan lingkungan ini sudah selesai dilombakan dan ada pemenangnya (rancangan IKN sudah disetujui). Sehingga, pemerintah pusat segera action, apabila sudah masuk dalam jadwal yang ditetapkan.

Namun demikian, lanjut Isran, dirinya tidak ingin berandai-andai atas pemindahan dan pembangunan IKN tersebut. Terlebih, saat ini Indonesia termasuk negara-negara di dunia sedang menghadapi masalah yang sama yaitu melawan penyebaran Covid 19.

"Saya rasa kita semua fokus dulu mengatasi masalah virus corona ini. Pemerintah harus terus menentukan kebijakan agar rakyat merasa aman dan terlindungi dari ancaman Covid-19," ungkapnya.

Pada dasarnya, tegas Isran, apapun kebijakan yang diputuskan pusat, Pemprov Kaltim bersama seluruh masyarakat Kaltim akan mendukung penuh.

"Kita semua terus berupaya dan berdoa agar masalah virus ini segera selesai. Sehingga, pemerintah bisa cepat melaksanakan kegiatan-kegiatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyatnya. Kaltim juga terlepas dari berbagai masalah dan marabahaya," harap Isran. (yans/sul/adv)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved