Virus Corona di Kaltim

Balikpapan Perbaiki Data PDP Covid-19, Dinkes Kaltim Sebut yang Isolasi di Rumah Belum Dihitung

Awak media dikagetkan oleh pernyataan Plt Kepala Dinas Kesehatan atau Dinkes Kaltim yang menyatakan, pada Senin (30/3/2020), ada penambahan 86 PDP

Tribunkaltim.co, Purnomo Susanto
Plt Kepala Dinkes Kaltim, Andi M Ishak saat diwawancara awak media, pada pada Senin (30/3/2020), pukul 18.00 WITA, di Kantor Dinkes Kaltim Jalan Abdul Wahab Syahranie (AWS) Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Awak media sempat dikagetkan oleh pernyataan Plt Kepala Dinas Kesehatan atau Dinkes Kaltim yang menyatakan, pada Senin (30/3/2020), ada penambahan 86 kasus Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ).

Sehingga, dengan penambahan itu total PDP di Kaltim sebanyak 169 orang. Padahal, sehari sebelumnya disampaikan Dinkes Kaltim total PDP di Kaltim sebanyak 83 orang. Artinya, ada peningkatan dua kali lipat dari jumlah PDP sebelumnya.

Menjawab hal ini, Pelaksana tugas ( Plt ) Kepala Dinkes Kaltim, Andi M Ishak mengungkapkan, telah ada perbaikan jumlah PDP dari Kota Balikpapan. Namun, dengan penambahan jumlah PDP sebanyak itu diimbangi dengan total hasil tes negatif yang juga cukup besar.

“Iya ada perbaikan yang cukup besar dari data sebelumnya. Ini merupakan hasil tracing data dari Dinkes Balikpapan,” ujarnya saat menyampaikan keterangan pers pada pada Minggu (30/3/2020), di Kantor Dinkes Kaltim Jalan Abdul Wahab Syahranie Samarinda.

Cegah Virus Corona, Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim dan Pemkot Balikpapan Semprot Desinfektan

Ketua DPRD Kaltim Dukung Pengalihan Anggaran Untuk Putus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona

Tetap Latihan Seperti Biasa,Virus Corona tak Ganggu Persiapan Atlet Menembak Kaltim Hadapi PON Papua

Dinas Kesehatan Kaltim Akan Berikan Masukkan Kepada Gubernur Isran Noor Tentang Karantina Wilayah

Penambahan ini, beber Andi, baru saja disampaikan oleh Dinkes Balikpapan saat ditanyakan soal bagaimana penanganan PDP di kota berjuluk Kota Minyak ini. Alhasil, penambahan ODP pun langsung membludak.

“Ini kota dapatkan saat rapat secara online dengan Dinkes Balikpapan. Setelah itu, langsung kami meminta agar diperbaiki semuanya. Itulah mengapa ada penambahan sampai sebanyak 86 PDP dari Balikpapan,” bebernya.

Sebelumnya, dijelaskan Andi, Dinkes Balikpapan hanya memasukkan pasien yang diisolasi dan dirawat di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Sedangkan, orang yang melakukan isolasi secara pribadi di rumah tidak.

“Setelah didata, banyak orang yang mengisolasi di rumah tidak dimasukkan dalam data PDP. Nah, kita minta mereka yang diisolasi di rumah juga dimasukkan dalam data,” paparnya.

Dinkes Kaltim Laporkan Kasus Transmisi Lokal Virus Covid-19 di Balikpapan, Warga Bisa jadi ODP Semua

Wabah Virus Covid-19, Dinkes Kaltim Kesulitan Mendata Peserta Ijtima Dunia di Gowa Sulawesi Selatan

Belum Ada Kegiatan Fisik Apapun, Gubernur Kaltim Isran Noor Pastikan IKN Aman dari Covid-19

Penambahan tersebut diimbangi dengan jumlah hasil negatif dari Kota Balikpapan pada hari ini. Tercatat, ada penambahan sebanyak 45 hasil negatif telah disampaikan. Sehingga, total negatif di Kaltim sebanyak 84 orang.

“Di Balikpapan, sebelumnya tital negatif itu sebanyak 18 orang saja. Sehingga, kemarin hasil negatif kita sebanyak 39 orang. Kemudian, ditanbah data baru masuk dari Balikpapan sebanyak 45 orang negatif maka jumlah pasien ODP negatif corona di Kaltim sebanyak 84 orang,” tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved