Berita Pemkab Kutai Barat

Berkontribusi Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Perempuan Kubar Manfaatkan Peluang Ekonomi Digital

Salah satu upaya meningkatkan SDM melalui pembekalan dan pelatihan agar mereka memiliki keterampilan untuk bekerja.

HUMASKAB KUBAR
Lebok SE, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP2KBP3A Kubar. 

SENDAWAR - Pembangunan sumber daya perempuan terus dilakukan. Salah satunya melalui kebijakan peningkatan kelompok pemberdayaan ekonomi perempuan. Tujuannya untuk pemenuhan hak ekonomi perempuan.

"Kebijakan itu memberi ruang kontribusi perempuan terhadap peningkatan pendapatan keluarga sudah menjadi kebutuhan," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP2KBP3A Kubar, Lebok SE, Jumat (27/3/2020).

Selain itu lanjutnya, kebijakan peningkatan kelompok pemberdayaan ekonomi perempuan sebagai upaya pengembangan produktivitas ekonomi perempuan di Kubar perlu ditingkatkan untuk mendukung ketahan ekonomi Indonesia.

Diakui, tantangan yang dihadapi minimnya pendidikan dan keterampilan kewirausahaan sehingga kurang mampu membuka lapangan kerja baru. Maka upaya untuk pengembangan industri rumahan perlu dilakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten agar pertumbuhannya terpantau.

Termasuk pendampingan lintas sektor secara berkelanjutan untuk peningkatan kualitas produk, inovasi baru dan jejaring pemasaran produk," ungkap Lebok.

Lebok juga berharap dengan peningkatan kelompok pemberdayaan ekonomi perempuan diharapkan dapat meningkatkan akses kelompok perempuan rumah tangga terhadap informasi teknologi tepat guna dan berbagai sumber pembiayaan.

Kiprah perempuan dibidang ekonomi menjadi bagian dari pemberdayaan perempuan. Di tengah perekonomian Indonesia saat ini sangatlah penting untuk meningkatkan peran kontribusi dan partisipasi perempuan dalam pembangunan untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Peluang ini harus dapat dimanfaatkan di seluruh kecamatan. Seiring dengan kemajuan tehnologi informasi dan kamunikasi khususnya perkembangan ekonomi digital telah memberikan kemudahan untuk memasarkan hasil produk industri rumahan melalui internet proses pemasaran dapat dengan mudah.

Salah satu upaya meningkatkan SDM melalui pembekalan dan pelatihan agar mereka memiliki keterampilan untuk bekerja.

Diharapkan dengan pendidikan dan pelatihan SDM yang ada di Kubar akan memiliki keterampilan kemampuan untuk menciptakan industri rumahan.

Industri rumahan merupakan industri skala mikro yang dilakukan oleh rumah oleh anggota keluarga dengan menggunakan peralatan sendiri dan dilaksankan dengan sangat sederhana.

Pengembangan industry rumahan terus menggeliat dan peran perempuan menjadi ujung tombak. Di mana industri rumahan memiliki potensi besar mendorong dan memperkuat ketahanan keluarga diberbagai aspek. (adv/hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved