Virus Corona di Balikpapan

DKK Balikpapan Akui Kesulitan Tracking, Satu Pasien Positif Covid-19 Diduga Transmisi Lokal

Pasien positif Covid-19 atau Virus Corona di Kota Balikpapan semakin bertambah. Hal ini ditandai dengan terkonfirmasinya 3 pasien positif covid-19

Tribunkaltim.co, Miftah Aulia Anggraini
Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty saat jumpa pers mengabarkan perkembangan pasien Covid-19 di Kota Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Pasien positif Covid-19 atau Virus Corona di Kota Balikpapan semakin bertambah. Hal ini ditandai dengan terkonfirmasinya 3 pasien positif terpapar covid-19 kemarin.

Dari ketiga pasien tersebut, diketahui satu pasien tidak memiliki riwayat perjalanan keluar daerah Kota Balikpapan. Hal ini dapat diartikan, bahwa pasien tersebut diduga merupakan pasien transmisi lokal.

Menanggapi ini, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengaku kesulitan melakukan tracking pada pasien yang diduga transmisi lokal tersebut.

"Untuk melakukan tracking pada pasien yang diduga transmisi lokal, ini memang lebih sulit dibanding yang melakukan riwayat perjalanan," ujar Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty, Selasa (31/3/2020).

Enam Anggota Fraksi PKS Kota Balikpapan Sumbangkan Gaji Bulan Ini untuk Penanggulangan Virus Corona

Pasien Positif Virus Corona Bertambah Tiga, Dinkes Kaltim Sebut Semua Berada di Balikpapan

Lebih lanjut, untuk mengetahui kepastian riwayat pasien ini, DKK Balikpapan dalam porsinya melakukan proses wawancara dengan pasien yang berada diruang isolasi menggunakan media telepon.

Wawancara tersebut berguna untuk menelusuri, aktivitas pasien selama 14 hari kebelakang. "Kita gali terus, pasien ini melakukan aktivitas apa dan bertemu siapa, kemudian dikonfirmasi lagi dengan orang yang dia temui dalam 14 hari tersebut," jelasnya.

Cegah Virus Corona, Dansat Brimob Pimpin Penyemprotan Disinfektan Massal di Balikpapan Barat

7 Jalan Utama Kota Balikpapan Ditutup, Ojol Hanya Boleh Ambil & Antar Orderan Barang, Ini Suasananya

Sebagai Garda Terdepan, Grab Perkuat Langkah Perangi Covid-19 di Balikpapan, Luncurkan KitaVSCorona

Hingga kini, satu pasien positif tersebut memang masih dalam dugaan transmisi lokal. Sebab, DKK Balikpapan pun sampai saat ini masih mencari dan terus mengupayakan tracking yang ada. "Kemungkinan ini transmisi lokal, tapi kita masih mencari," katanya.

Andi Sri Juliarty menjelaskan bahwa pasien ini awalnya datang dengan keluhan sakit. Keluhan sakit inilah yang kiranya memiliki gejala mirip dengan pasien yang terpapar Covid-19.

"Jadi memang yang bersangkutan sudah lama dirawat di rumah sakit, dan masuk ruang isolasi tanggal 23 Maret. Pasien mengalami gejala keluhan yang sama dengan orang yang terindikasi Covid-19," tandasnya.

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Balikpapan

Tribunkaltim.co, Miftah Aulia Anggraini

Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved