Virus Corona di Kukar

PDAM Tirta Mahakam Tangguhkan Pembayaran Air Selama Sebulan,Berikut Respon Pengurus HMI Cabang Kukar

Wabah Covid-19 tidak hanya berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang, namun juga berpengaruh terhadap sektor-sektor lain dalam kehidupan

HO/DOKUMENTASI PRIBADI
Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah HMI Muhammad Kaisar. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG  - Wabah Covid-19 tidak hanya berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang, namun juga berpengaruh terhadap sektor-sektor lain dalam kehidupan manusia.

Wabah ini memengaruhi sendi-sendi kehidupan khususnya perekonomian. Wabah ini membuat kegiatan perekonomian masyarakat lumpuh total.

Berhentinya sendi perekonomian, tidak membuat PDAM menghentikan iuran bulanan. Hal tersebut mendapat respon dari Himpunan Mahasiswa Islam Kutai Kartanegara ( HMI Kukar ).

Muhammad Kaisar selaku Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah HMI Kukar mengapresiasi kinerja pemerintah dalam menekan mata rantai penyebaran virus Corona. Namun ia menilai pemerintah melupakan segi perekonomian khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah. Sebab dengan adaya penghentian kegiatan ini memengaruhi pendapatan pelaku ekonomi kecil tersebut.

PDAM Tirta Mahakam Tunda Tagihan Air Selama Sebulan, HMI Kukar Harapkan Gratis Bagi Warga tak Mampu

Tak Boleh Keluar Rumah, Tokoh Masyarakat Kukar Ini Minta Pemkab Pikirkan Warga Penghasilan Rendah

Inilah Spesifikasi Mobil AWC Sabhara Polres Kukar yang Dipakai Menyemprotkan Disinfektan Corona

UPDATE ODP, PDP & Positif Corona di Kukar Hari Ini. 1 PDP Selesai Isolasi Dibolehkan Pulang

Otomatis pendapatan tidak ada dan berpengaruh dalam kehidupan pelaku UMKM. Selain itu pembayaran iuran air pun menjadi pukulan tambahan bagi masyarakat kecil.

"Merespon surat yang dikeluarkan oleh pemerintah Kutai Kartanegara yang ditandatangani Dirut PDAM Tirta Mahakam Suparno, tertanggal 30 Maret 2020,  bahwa akan menangguhkan pembayaran air selama 1 (satu) bulan khususnya di bulan Maret yang akan dicatat pembayarannya pada bulan Mei 2020," ucap Muhammad Kaisar ketika dikonfirmasi Tribunkaltim.co, Selasa (31/3/2020).

Menurutnya kebijakan PDAM tetap membayar iuran dengan cara menangguhkan ini kurang tepat. "Menurut kami kebijakan ini adalah kebijakan yang insolutif atau tidak memecahkan masalah di tengah masyarakat karna kebijakan penangguhan ini potensi akan melahirkan masalah baru yang membebankan masyarakat ke depannya," ucapnya.

Ia berharap pemerintah maupun PDAM mampu menggratiskan pembayaran iuran air hingga waktu yang belum ditentukan. Tujuannya memberi napas kepada masyarakat yang berhenti mencari nafkah dikarenakan pandemi Corona ini.

Bahkan ia menilai Kabupaten Penajam Paser Utara ( PPU ) mampu menggratiskan iuran air hingga waktu yang belum ditentukan. Ia harap Pemkab Kukar bisa mengeluarkan kebijakan yang sama dengan Pemkab PPU.

"Toh kebijakan penggratisan air untuk seluruh masyarakat juga sudah diterapkan oleh Kabupaten Penajam Paser Utara," ucapnya.

PDAM Tirta Mahakam Usul ke Pemkab Kukar, Gratiskan Rekening Air Selama Pendemi Virus Corona

Pelanggan PDAM Kukar Tetap Bayar Rekening Air, Cara Berhitungan Pembayaran Yang Berbeda

Jika memang tidak bisa ia menyarankan pembayaran hanya untuk pekerja atau pun pegawai negeri sipil yang masih mendapatkan upah dikala wabah melanda. "Memang kalau dibanding jumlah penduduk relatif lebih banyak di Kukar. Kalau Kukar belum mampu untuk menggratiskan bagi seluruh masyarakat, minimal masyarakat yang kurang mampu lah untuk digratiskan," ucap Kaisar.

Sementara itu pihak PDAM Tirta Mahakam mengakui memberi keringanan pembayaran di bulan Mei. Hitungannya nanti jumlah tagihan tiga bulan terakhir ditambahkan lalu dibagi tiga. Hasil tersebut yang harus dibayar untuk bulan Mei. Sementara itu bulan April tetap membayar dengan tagihan seperti biasa.

"Misal meteran bulan Januari, Februari, dan Maret dijumlahkan lalu hasilnya tersebut dibagi tiga. Hasil pembagian tersebut merupakan tagihan yang harus dibayar bulan Mei nanti ," kata Dirut PDAM Tirta Mahakam Suparno melalui Kasubag Humas dan Protokol Alfianur. (jnp)

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Kukar

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved