Berita Pemprov Kalimantan Timur

Cegah Covid-19, Andi Ishak: Lakukan Hal Sederhana Jaga Diri, Jaga Jarak, dan Rajin Cuci Tangan

Oleh karena itu, kata dia, sangat penting bagi masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 dengan cara rajin mencuci tangan.

HUMASPROV KALTIM/AHMAD RIANDI
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam video conference dengan lebih 30 wartawan Kaltim di Samarinda, Kamis (2/4/2020). Ia mengajak masyarakat untuk rajin mencuci tangan, mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari kerumunan. 

SAMARINDA – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengajak masyarakat Kaltim untuk melakukan hal-hal yang sesungguhnya sederhana, namun memberi manfaat sangat besar untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Contoh hal sederhana itu adalah rajin mencuci tangan dengan sabun.

Saat menggelar konferensi pers yang untuk pertamakalinya menggunakan layanan video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting itu, Andi Ishak menjelaskan, virus berbahaya ini sangat mudah menyebar melalui tangan.

Oleh karena itu, kata dia, sangat penting bagi masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 dengan cara rajin mencuci tangan.

“Caranya sederhana, tapi sangat besar manfaatnya untuk mencegah penyebaran. Rajin mencuci tangan,” sebut Andi Ishak mengawali konferensi pers, Kamis (2/4/2020) petang.

Rajin mencuci tangan dengan sabun setiap beraktivitas atau berinteraksi dengan orang lain, maka secara langsung akan membersihkan diri kita dari kemungkinan terkontaminasi Covid-19.

Penularan secara langsung mudah terjadi melalui tangan. Karena itu sangat penting untuk rajin mencuci tangan. Jika membawa hand sanitizer, maka akan lebih mudah, karena bisa dibawa kemana-mana, sehingga membersihkan tangan akan lebih mudah.

Imbauan lain yang disampaikan Andi dalam video conference yang disaksikan ribuan viewer itu, terkait pentingnya penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Selain itu, masyarakat diimbau selalu mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh dari serangan virus berbahaya yang muncul pertama kali dari Wuhan, China itu.

Cara mudah berikutnya lanjut Andi Ishak adalah menghindari kerumunan.

“Cara mudah berikutnya adalah stay at home, diam di rumah. Bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah. Jika tidak benar-benar mendesak, sebaiknya di rumah saja, hindari kerumunan,” tegas Andi yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim itu.

Dengan melakukan hal-hal sederhana itu, kata Andi, maka secara langsung kita telah menjaga diri kita, sekaligus juga menjaga sesama agar tidak ditulari atau menularkan Covid-19.

“Mari jaga diri, jaga sesama dari virus corona dengan melakukan hal-hal sederhana, tapi bermanfaat besar untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Andi mengakhiri sesi konferensi yang diikuti tidak kurang dari 30 wartawan media online, cetak, radio dan televisi itu. (sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved