Berita DPRD Kalimantan Timur

DPRD Berharap Gubernur Kaltim Lebih Intens Sinergikan Kabupaten Kota Tangani Covid-19

Seperti perlunya sinergitas antar instansi melalui koordinasi lintas daerah terutama perbatasan soal keluar dan masuknya masyarakat

HUMAS DPRD KALTIM
Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK 

52ADA FOTO MAKMUR HAPK DAN AHMADIN

SAMARINDA - Menghadapi dan menghentikan penyebaran COVID-19, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK berharap Pemerintah Provinsi Kaltim bersama kabupaten/kota berkoordinasi intens dan lebih lanjut terkait SOP seperti perintah larangan keluar rumah, larangan mengadakan acara yang melibatkan orang banyak dan aturan lainnya.

“Ini juga diperlukan salah satunya untuk menselaraskan SOP pasien COVID-19 mengingat pantauan sejauh ini penanganannya masih berbeda-beda disetiap daerah. Pemprov juga diharap segera melakukan pencegahan dengan sosialisasi terkait status Kaltim untuk melakukan Physical distancing,” Ungkap Makmur.

Selain itu, Politisi Golkar ini menyebutkan bahwa telah membuat surat yang akan ditujukan kepada Gubernur Kaltim terkait penanganan COVID-19. Hal itu sebagai masukan dan pertimbangan berdasarkan hasil monitoring DPRD Kaltim di kabupaten/kota.

“Seperti perlunya sinergitas antar instansi melalui koordinasi lintas daerah terutama perbatasan soal keluar dan masuknya masyarakat yang difasilitasi Pemprov Kaltim,” kata pria kelahiran Batu-batu ini.

Ia juga meminta Gubernur Kalimantan Timur mengkoordinasikan tempat-tempat isolasit tertentu yang bisa dimanfaatkan bagi pasien COVID-19. Makmur meyakini ditengah pandemi virus ini banyak pihak yang terbuka memberi bantuan untuk menjadikan tempat isolasi serta memberi berbagai bantuan mengatasi virus ini.

Mencegah virus Corona
Mencegah virus Corona (HUMAS DPRD KALTIM)

“Kita juga perlu memikirkan kondisi kedepan yang tentu berdampak pada sejumlah aspek, sehingga daerah perlu mempersiapkan dana masing-masing sebagai tanggap darurat. Terutama urusan sosial dimasyarakat, seperti pedagang-pedagang yang kesulitan dimasa ini,” urainya.

Terkait upaya ini, Makmur juga menegaskan akan memberi dukungan penuh terkait segala upaya menghadapi dampak sosial. Sehingga memang peran Gubernur bersama bupati/walikota se Kaltim diperlukan dalam hal persiapannya.

“Yang penting kami DPRD Kaltim memberi dukungan penuh, jangan sampai dengan kondisi seperti ini ada warga yang kelaparan tentu ini menjadi persoalan karena tanggung jawab kita sebagai penyelenggara pemerintah. Bagaimanapun kita tidak bisa main-main menghadapi masalah ini, termasuk warga harus patuh terhadap imbauan jangan keluar rumah,” tegas Makmur.

Lebih lanjut Makmur menerangkan bahwa langkah berikutnya adalah mengevaluasi bagaimana 14 hari kedepan masa ini. Kalau semakin bertambah terus, opsi-opsi lain harus difikirkan. Namun disisi lain Makmur meminta agar lokasi isolasi pasien dirumah sakit tidak berdekatan dengan gedung dan ruang bersalin ibu dan anak.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved