Berita Pemkab Kutai Barat

Tinjau Posko Covid-19 di Puskesmas Bongan, Bupati: Siapapun Kembali ke Kubar Harus Dikarantina

"Jika ada warga Kubar, bahkan Bupati pun yang berpergian keluar dan kembali ke Kubar, maka orang tersebut harus dikarantina

HUMASKAB KUBAR
PANTAU POSKO - Bupati Kutai Barat FX Yapan berdialog dengan tim medis ketika meninjau Posko Tim Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Jambuk, Kecamatan Bongan yang merupakan pintu gerbang masuk ke Kubar dan Mahulu, Rabu (1/4/2020). 

SENDAWAR - Pemkab Kubar mulai melakukan pembatasan masyarakat yang masuk maupun keluar Kubar sebagai antisipasi dan pencegahan merebaknya Cirus Corona atau Covid-19. Langkah tersebut dilakukan agar Covid-19 tidak masuk ke Kubar.

Hal tersebut disampaikan Bupati ketika meninjau Posko Tim Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Jambuk, Kecamatan Bongan yang merupakan pintu gerbang masuk ke Kubar dan Mahulu, Rabu (1/4/2020).

"Jika ada warga Kubar, bahkan Bupati pun yang berpergian keluar dan kembali ke Kubar, maka orang tersebut harus dikarantina. Hal tersebut wajib dilakukan bagi siapa saja tidak memandang siapapun orangnya. Kita mengikuti protokol dan mentaati aturan untuk keselamatan dan kebaikan kita bersama," terang Bupati.

Walaupun dengan diberlakukannya pembatasan kita tetap memberi pengecualian bagi yang berobat dan harus dirujuk keluar Kubar.

Namun, bagi yang tidak berkepentingan secara mendesak maka tunda terelebih dahulu dan tunggu kondisi aman baru melaksanakan kegiatan keluar, karena jika dipaksakan sudah dipastikan jika kembali ke Kubar orang tersebut dikarantina.

Dengan kondisi darurat seperti saat ini mari kita sadar. Itu semua untuk kebaikan bersama, maka taatilah aturan yang telah ditetapkan Pemerintah, seperti imbauan untuk di rumah saja dan tidak pulang kampung terlebih dahulu.

"Masyarakat yang baru pulang melakukan perjalanan dari luar pulau hendaknya jujur kepada petugas medis ketika dilakukan pemeriksaan, jangan berbohong. Hal tersebut tentu sangat membantu kerja medis dalam pemeriksaan dan pengawasan, itu semua tentu untuk kebaikan bersama," tegas Bupati.

Dengan pembatasan aktivitas keluar dan masuk masyarakat ke Kubar dan Mahulu maka Polres Kubar bersama Kodim 0912, Dinas Perhubungan dan Satpol PP akan mengirimkan penambahan personil yang ditempatkan di Posko Jambuk. Ini tentu untuk menjaga keamanan dan ketertiban diperbatasan Kubar sebagai pintu gerbang masuk ke Kubar.(adv/hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved