Virus Corona di Kukar

Pandemi Virus Corona, Ratusan Warga Binaan di Lapas Klas II A Tenggarong Kukar Bebas Bersyarat

Sesuai keputusan Kemenkumham yang akan melepas puluhan ribu warga binaan di seluruh Indonesia akibat pandemi Virus Corona.

TribunKaltim.co/Jino Kartono
Ratusan warga binaan mendapat bebas bersyarat dan asimilasi di rumah selama pandemi Virus Corona. Untuk warga binaan yang dibebaskan dengan syarat telah menempuh dua pertiga masa pidana di lapas. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sesuai keputusan Kemenkumham yang akan melepas puluhan ribu warga binaan di seluruh Indonesia akibat pandemi Virus Corona. Hal tersebut juga dilakukan oleh pihak Lapas Klas II A Tenggarong, Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Kalapas Agus Dwirijanto melalui sambungan telepon, Sabtu (4/4/2020) mengatakan telah membebaskan bersyarat serta asimilasi tahanan. Di rumah sekitar 171 orang hingga hari ini. Pembebasan itu tidak serta merta bagi seluruh warga binaan.

BACA JUGA:

 Efek Pandemi Virus Corona, Gaji Karyawan Dibayar Setengah, PHRI Balikpapan Usul Hapus Pajak

 Geger Info PDP Covid-19 Kabur, Walikota Rizal Effendi: Pemkot Balikpapan Masih Pastikan Statusnya

 UPDATE Virus Corona di Balikpapan, 2 Ribu Set Alat Pelindung Diri Mendarat di Base Ops Lanud Dhomber

Terdapat beberapa syarat tertentu agar warga binaan bisa bebas sebelum waktunya. "Syaratnya tahanan sudah lakukan dua pertiga masa pidana dari bulan april sampai desember 2020," ucap Agus Dwirijanto.

Pada hari kamis (2/4/2020) pihak Lapas sudah membebaskan sekitar 56 orang. Lalu pada hari Jumat (3/4/2020) pihak lapas kembali membebaskan sekitar 60 orang. Kemudian hari ini sekitar 55 orang Napi dibebaskan. "Hari ini ada 42 orang warga binaan yang diasimilasikan," kata Agus Dwirijanto.

BACA JUGA:

 Amerika Serikat Berpotensi Jadi Pusat Penyebaran Wabah Virus Corona, Kasus Baru Berasal dari Eropa

 Pesan Rektor ITK Balikpapan, Seluruh Civitas Akademika tak Aktivitas di Luar Rumah & Pusat Keramaian

"Senin nanti juga ada nantinya kita berikan secara kejutan Napi yang sudah menghabiskan dua pertiga masa pidananya. Nantinya kita panggil siapa saja yang dapat dibebaskan," ucap Agus lagi. Rata-rata warga binaan merupakan Napi pidana umum. Meskipun begitu juga terdapat Napi dengan kasus narkoba. 

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Kukar 

(Tribunkaltim.co)

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved