Sungai Kandilo Meluap Lagi, Dua Desa di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser Terendam Banjir

Sungai Kandilo Meluap Lagi, Dua Desa di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser Terendam Banjir

HO/BPBD Paser
Evakuasi korban banjir di RT 18 Desa Batu Kajang Kecamatan Batu Sopang, Sabtu (4/4/2020). Sungai Kandilo Meluap Lagi, Dua Desa di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser Terendam Banjir 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER– Pertengahan bulan Januari 2020, pemukiman warga beberapa RT di Desa Batu Kajang dan Desa Kasungai Kecamatan Batu Sopang terendam banjir.

Saat pandemi covid-19, banjir kembali melanda sejumlah RT di Desa Batu Kajang, Songka, Kasungai dan Desa Legai.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Paser Norban, mengemukakan, ketinggian air saat itu mencapai sekitar 50-150 centimeter (cm), Minggu (5/4/2020),

“Pukul 07.00, ketinggian air berkurang sekitar 30-70 cm, padahal kita sedang dalam tanggap covid-19 ( Virus Corona ),” kata Norban.

Setidaknya, lanjut Norban, ada 12 RT di Desa Batu Kajang terdampak banjir, dengan rincian Desa Songka 3 RT, Kasungai 33 KK, dan Desa Legai 5 RT.

“Banjir karena air Sungai Kandilo pada posisi pasang, ditambah hujan deras dan kiriman dari hulu, Sungai Kandilo meluap dan merendam rumah warga,” ucapnya.

Karena itu, kata Norban, rumah-rumah warga yang dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kandilo, rata-rata terdampak banjir.

Terhadap korban banjir, Pemkab Paser melalui BPBD bersama TNI, Polri, dan pihak perusahaan telah turun membantu meringankan penderitaan warga yang terdampak banjir.

“Kita telah melakukan evakuasi terhadap warga yang memerlukan, mendirikan tenda darurat dan menyalurkan bantuan kepada korban banjir. Bantuan terhadap korban banjir juga mengalir dari sejumlah perusahaan,” imbuhnya. (*)

Penulis: Sarassani
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved