Virus Corona di Balikpapan

6 April Warga Balikpapan Diwajibkan Pakai Masker, Lawan Covid-19 Saat Keluar dari Rumah, Waspada OTG

Kemenkes RI melalui pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur untuk mewajibkan semua masyarakat menggunakan masker.

TribunKaltim.co/Bella Evanglista
Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan tim kenakan masker saat jumpa pers, Minggu (5/4/2020). Penggunaan masker bagi masyarakat di Kota Balikpapan Kalimantan Timur kini mulai diwajibkan. Mulai 6 April setiap orang yang berada di luar rumah, diharuskan mengenakan masker mengingat ada kategori Positif Covid-19 sebagai golongan OTG. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pandemi Virus Corona atau virus Covid-19 sejauh ini masih patut diwaspadai. Kebijakan pemerintah seperti pemerintah Kota Balikpapan masih memberikan panduan ke warganya untuk memakai masker

Penggunaan masker bagi masyarakat di Kota Balikpapan Kalimantan Timur kini mulai diwajibkan. Setiap orang yang berada di luar rumah, diharuskan mengenakan masker mengingat ada kategori Positif Covid-19 sebagai golongan OTG.

Penggunaan masker ini harapan dari pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur bisa menghindar atau memutus mata rantai penyebaran coronavirus disease atau virus Covid-19 dari satu orang ke orang lain. 

Pihak Kemenkes RI melalui pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur untuk mewajibkan semua masyarakat menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah. Perintah wajib ini disampaikan pada Minggu (5/4/2020).

Aturan baru yang akan mulai efektif, Senin 6 April 2020, dikeluarkan atas imbauan dari World Health Organization (WHO) agar seluruh warga menggunakan masker saat berada di luar rumah.

BACA JUGA:

 Pasien Positif Covid-19 Tambahan di Samarinda, Bukan dari Kluster Manapun, Riwayat ke Acara di Bogor

 Lawan Covid-19, Warga Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan Resmi Karantina Wilayah

 Karantina Wilayah Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan, Begini Penerapan Sistem Keamanannya

Sebelumnya, imbauan penggunaan masker hanya diperuntukkan bagi orang yang sedang sakit, anggota medis dan non-medis yang sedang merawat orang sakit.

Kendati demikian, data WHO menunjukan bahwa terdapat pasien positif yang tidak menunjukan gejala apapun atau OTG ( Orang Tanpa Gejala ).

Sebab OTG inilah yang beresiko tinggi menularkan virus Corona dikarenakan tidak mengetahui bahwa dirinya positif Covid-19. Perlu waspada pada OTG ini. 

"Gerakan Masker For All akan mulai dilakukan esok hari pada seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Balikpapan," kata dr Dio, Kadinkes Kota Balikpapan.

Ia turut menambahkan, masyarakat yang akan berobat ke RS atau puskesmas diharap menggunakan masker dari rumah.

Kenakan masker. Tim relawan dari warga Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari siapkan cairan disinfektan pencegahan pandemi Virus Corona pada Minggu (5/4/2020) pagi.
Kenakan masker. Tim relawan dari warga Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari siapkan cairan disinfektan pencegahan pandemi Virus Corona pada Minggu (5/4/2020) pagi. (TribunKaltim.co/Budi Susilo)
Halaman
12
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved