Berita Pemprov Kalimantann Timur

Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Kabupaten dan Kota di Kaltim Sudah Siapkan Tempat Isolasi

Kota Bontang juga sudah menyiapkan Stadion Taman Prestasi dan Rusunawa Guntung dengan kapasitas 90 kamar

HUMASPROV KALTIM/ADI SUSENO
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi memberi penjelasan bahwa kabupaten dan kota sudah menyiapkan lokasi-lokasi karantina sebagai antisipasi bila terjadi lonjakan pasien Covid-19. Penjelasan itu disampaikan saat mengikuti rapat dengar pendapat dengan DPRD Kaltim melalui video conference di Kamtor Gubernur Kaltim, Samarinda, Senin (6/4/2020). 

SAMARINDA - Mengantisipasi lonjakan pasien kasus Corona Virus Disease (Covid-19), khususnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP), masing-masing kabupaten dan kota telah menyiapkan tempat isolasi atau karantina.

Penengasan itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat video conference Rapat Dengar Pendapat (RDP) Upaya Kaltim Menghadapi Penyebaran Covid-19 di Kalimantan Timur dengan DPRD Kaltim di Ruang Heart Of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Senin (6/4/2020).

Hadi mengatakan dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, kabupaten dan kota telah menyiapkan tempat isolasi ataupun Karantina bagi pasien yang terpapar Covid-19.

Seperti Samarinda telah menyiapkan 370 tempat tidur, yang terdiri dari Gedung Bapelkes 80 tempat tidur, Gedung Bapeltan 90 tempat tidur dan Kantor BPSDM Kaltim dengan kaspasitas 200 tempat tidur.

Kemudian Kota Balikpapan menyiapkan Sylva Lestari Quest House, Astra Hotel 30 tempat dan Asrama Haji Batakan kurang lebih 450 tempat tidur. Kota Bontang juga sudah menyiapkan Stadion Taman Prestasi dan Rusunawa Guntung dengan kapasitas 90 kamar.

“Kabupaten Kutai Kartanegara juga sudah melakukan pendataan dan mempersiapkan beberapa tempat karantina, seperti Wisma Atlet dengan kapasitas 125 tempat tidur, Hotel Grand Elty Singgasana 108 tempat tidur, Hotel Lessong Batu 33 tempat tidur dan Hotel Grand Yuda 125 tempat tidur ,” kata Hadi Mulyadi.

Kemudian, lanjut Hadi, Kabupaten PPU menyiapkan Wisma PKK, Berau akan menggunakan eks Hotel Santika. Kutai Barat akan menggunakan Rumas Sakit D Pratama, Kabupaten Kutai Timur Gedung Diklat dengan kapasitas 80 tempat tidur serta Kabupaten Mahakam Ulu menyiapkan mess karyawan sebanyak 6 unit rumah. Sementara Kabupaten Paser laporan belum diterima.

“Dari 10 kabupaten dan kota, alhamdulillah semua sudah mempersiapkan tempat karantina. Namun demikian kita tidak berharap tempat-tempat karantina itu terpakai,” kata Hadi.

Maksudnya, wabah Covid-19 di Kaltim bisa segera diatasi. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh masyarakat Kaltim bisa mematuhi peraturan pemerintah, dengan meningkatkan physical distansing, menjaga pola hidup sehat dan bersih, serta selalu mencuci tangan. (mar/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved