Berita Pemprov Kalimantan Timur

Geser 30 Persen Anggaran, Ivan Berharap Berdampak Signifikan Tangani Pandemi Covid-19 di Kaltim

Pemprov Kaltim mengambil langkah cepat dan sigap dalam upaya penanggulangan Coronavirus Diseasi 2019 (Covid-19).

HUMASPROV KALTIM
Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Kaltim, HM Syafranuddin atau Ivan 

SAMARINDA – Pemprov Kaltim mengambil langkah cepat dan sigap dalam upaya penanggulangan Coronavirus Diseasi 2019 (Covid-19).

Satu langkah penting yang dilakukan adalah dengan mengalihkan anggaran perjalanan dinas dalam dan luar daerah/luar negeri untuk penanganan Covid-19. Pengalihan/pergeseran sebesar 30 persen dari alokasi perjalanan dinas tahun 2020.

"Ini berlaku untuk semua OPD. Teknisnya akan segera kami koordinasikan dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah),” kata Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim HM Syafranuddin, Sabtu (4/4/2020).

Ivan, sapaan akrabnya menyebutkan, pergeseran anggaran ini khusus ditujukan untuk penanganan Covid-19. Pemanfaatan dana dari pengalihan ini diharapkan berdampak signifikan untuk mendukung penyelesaian pandemi Covid-19.

Langkah pergeseran anggaran ini sesuai Instruksi Mendagri Nomor 1/2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Poin pertama Instruksi Mendagri ini menjelaskan bahwa Gubernur, Bupati dan Walikota untuk melakukan percepatan pengutamaan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu atau refosucing untuk penanganan kesehatan, dampak ekonomi dan penyediaan jaring pengamanan sosial.

"Yang pasti pemerintah akan mengambil langkah-langkah strategis dan tepat agar virus corona ini bisa segera kita atasi,” jelasnya. (jay/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved