News Video

NEWS VIDEO Polresta Samarinda Lakukan Pengecekan Kesehatan Penumpang Kapal di Pelabuhan Samarinda  

Gelombang protes warga kota Tepian terhadap kedatangan kapal penumpang dari Parepare, mendapat respon dari tim pencegahan penyebaran corona.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Gelombang protes warga kota Tepian terhadap kedatangan kapal penumpang dari Parepare di Pelabuhan Samarinda, mendapat respon dari tim pencegahan penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Sebagai tindak lanjut dari keluhan masyarakat tersebut tim dari Polresta Samarinda menurunkan dua unit water cannon guna melakukan sterilisasi di Pelabuhan Samarinda, sebelum kedatangan KM Adhitya yang bersandar pada Senin (6/4/2020).

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman menuturkan, aksi ini sebagai langkah tindak lanjut dari keresahan masyarakat terhadap penyebaran Covid-19 di kota Tepian, dimana mayoritas kasus yang terdeteksi merupakan orang yang perjalanan dari luar kota.

"Jadi, mereka yang baru tiba ini sudah kami lacak, dan kami tahu dimana saja mereka tinggal," ucapnya 

Lebih lanjut dikatakannya, semua penumpang tanpa terkecuali, sudah didata ketika tiba di Pelabuhan Samarinda. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui mereka, sebelum bisa masuk ke kota Tepian.

"Mereka semua telah terdata. Jangan sampai virus ini bisa menyebar, dan membuat resah masyarakat," ungkapnya

Setelah terdata semua, laporan tersebut akan diserahkan kepada petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltim, untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan secara berkala oleh Dinkes Kabupaten/Kota, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa di masing masing wilayah.

"Semuanya mengecek bahwa orang-orang tersebut tidak berkeliaran, dan mereka tetap menjalani isolasi mandiri selama 14 hari," ujarnya

"Jadi kalau ada yang sakit langsung kami tindak lanjuti, dan membawanya ke rumah sakit khusus," tambahnya.

Selain melakukan pendataan, pengawasan penumpang yang tiba di Pelabuhan Samarinda kali ini petugas lebih memperketat dalam mengatur antrian penumpang sehingga tidak terjadi penumpukan.

Halaman
12
Penulis: Budi Dwi Prasetiyo
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved