Berita Pemkab Berau

Pantau Distribusi Barang di Pelabuhan, Wabup Berau Bagikan Masker ke Tenaga Kerja Bongkar Muat

Melalui pos ini setiap orang yang beraktivitas di pelabuhan mengikuti proses pemeriksaan. Termasuk pemeriksaan kesehatan

HUMASKAB BERAU
Wakil Bupati Berau Agus Tantomo turun langsung memantau kegiatan distribusi barang, khususnya kebutuhan pokok masyarakat di Pelabuhan Tanjung Redeb, sekaligus membagikan masker kepada para tenaga kerja bongkar muat untuk mencegah penularan Covid-19, Jumat (3/4/2020). 

TANJUNG REDEB – Wakil Bupati Berau Agus Tantomo turun langsung memantau kegiatan distribusi barang, khususnya kebutuhan pokok masyarakat di Pelabuhan Tanjung Redeb, Jumat (3/4/2020).

Pemantauan dilakukan untuk memastikan distribusi pasokan kebutuhan pokok berjalan lancar. Meskipun saat ini pandemik Covid-19 namun dipastikan pengiriman tetap berjalan lancar, termasuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan.

Selain memantau pasokan kebutuhan pokok, Wabup Agus Tantomo didampingi Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Tanjung Redeb A Rifai serta operator pelayaran dan koperasi tenaga kerja bongkar muat, juga meninjau pos penanganan Covid-19 yang dibentuk tim terpadu di pelabuhan.

Melalui pos ini setiap orang yang beraktivitas di pelabuhan mengikuti proses pemeriksaan. Termasuk pemeriksaan kesehatan kepada nakhoda maupun anak buah kapal baru merapat di Pelabuhan Tanjung Redeb.

Wabup Agus Tantomo mengungkapkan dari pantauan yang dilakukan distribusi kebutuhan pokok berjalan lancar, bahkan pasokannya mengalami penambahan dari pengiriman sebelumnya.

Hal ini karena adanya peningkatan kebutuhan masyarakat saat wabah Covid-19 maupun menjelang Ramadan. Beberapa hari dikatakan Agus Tantomo, memang ada mulai berkurang gula di pasaran. Namun dari distirbusi di pelabuhan, pasokan akan kembali bertambah.

“Beberapa kebutuhan pokok di pasaran mulai berkurang, saya lakukan pengecekan dan ternyata volumenya justru beberapa hari ini bertambah, jadi kalo dari pasokannya tidak ada masalah dan tidak terganggu dengan adanya virus covid19,” tegasnya.

Selain terkait pasokan kebutuhan pokok dari kunjungan ke pelabuhan, Wabup Agus Tantomo juga memastikan penanganan Covid-19 terhadap aktivtas pelabuhan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19 yang dilakukan. Pemeriksaan kesehatan terhadap siapa yang melakukan aktivitas, utamanya yang baru tiba di pelabuhan harus dilakukan dengan seksama.

“Kita belajar dari daerah lain, ada yang positif empat orang sekaligus dalam satu kapal dan sekarang semua yang ada di kapal harus diperiksa. Nah ini kita tidak ingin terjadi di Berau, maka perlu dilakukan pencegahan dini,” ungkapnya.

Setiap hari perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan, minimal mengecek suhu tubuh setiap buruh yang akan bekerja. Hal ini penting untuk mencegah ada buruh yang tetap bekerja dalam kondisi sakit.

Wabup Agus Tantomo juga mengingatkan kepada para buruh untuk memperhatikan kesehatan. Menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat, sebelum, selama maupun sesudah selesai bekerja. Termasuk selalu mengenakan alat pelindung diri, seperti masker saat bekerja.

Wabup juga membagikan masker kain secara gratis, hasil karya ibu-ibu yang berinisiatif membuat masker dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Wabup yang turut memberikan bantuan pembuatan masker, berharap kegiatan ini membantu masyarakat di saat sulitnya mendapatkan masker saat ini.

Kepala KUPP A Rifai, menjelaskan pasokan kebutuhan pokok melalui Pelabuhan Tanjung Redeb terus dipantau dan sejauh ini berjalan dengan lancar. Distribusi barang melalui pelabuhan Tanjung Redeb selain untuk Berau juga ada untuk ke Provinsi Kalimantan Utara.

Sedangkan upaya pencegahan Covid-19, pemeriksaan sudah dilakukan sejak kapal belum bersandar. Termasuk juga memantau setiap siapa saja yang beraktivitas di pelabuhan. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved