Virus Corona di Kukar

Dinkes Kutai Kartanegara Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 ke Pedagang Pasar Mangkurawang

Selain Bupati Kukar Edi Damansyah membagikan masker, Dinas Kesehatan juga turut memberikan imbauan kepada para pedagang Pasar Mangkurawang

TRIBUNKALTIM.CO /JINO PRAYUDI KARTONO
Kepala Dinas Kesehatan Dr Martina Yulianti mengimbau kepada warga pasar Mangkurawang untuk jaga jarak dan perilaku hidup sehat, Selasa (7/4/2020). Selain itu Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah juga membagikan masker kepada masyarakat pasar. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Selain Bupati Kutai Kartanegara atau Kukar Edi Damansyah membagikan masker, Dinas Kesehatan juga turut memberikan imbauan kepada para pedagang Pasar Mangkurawang, Selasa (7/4/2020). Kepala Dinas Kesehatan Dr Martina Yulianti, Sp. PD, FINASIM, MARS mengingatkan kepada para pedagang untuk selalu menjaga jarak (Physical Distancing).

Khususnya menjaga jarak kepada para pedagang dan pembeli yang melakukan transaksi penjualan di wilayah pasar. Selain itu ia mengingatkan kepada warga pasar dan para pengunjung yang datang untuk selalu mencuci tangan saat masuk ke dalam pasar.

Setelah itu para pedagang maupun pengunjung pasar masuk ke dalam bilik sterilisasi. Ia juga mengingatkan setelah cuci tangan langsung dilal dengan tisu yang telah disediakan. "Terhadap uang menjadi sumber penularan saya harap bapak ibu menjaga kesehatan tangan. Habis cuci tangan jangan di Lap ke baju.

Ia juga mengingatk untuk tidak terlalu dekat ketika berbicara. Disarankan saat berhadapan kepala menghadap sedikit ke samping. "Takutnya ada lompatan virus yang keluar jika ada orang yang terinfeksi," ucap Dr Martina Yulianti.

Gandeng Alfamidi, Lazismu Salurkan Donasi Konsumen untuk Penanggulangan Covid-19 di 12 Provinsi

DMI Balikpapan Sepakat Imbauan Kemenag Soal Pelaksanaan Ibadah di Bulan Ramadhan di Tengah Covid-19

4 Warga Tarakan Kluster Gowa Dinyatakan Negatif Covid-19, Dinkes Kaltara Kirim 17 Sampel ke Surabaya

Berita sebelumnya Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) berupaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satu upaya pemerintah dalam menangkal Covid-19 adalah dengan mengenakan masker.

Sebab dari anjuran WHO mewajibkan masyarakat untuk Mengenakan masker saat diluar rumah. Tujuannya untuk mencegah masuknya virus Corona ke dalam saluran pernapasan.

Untuk itu pemerintah melakukan upaya agar masyarakat mengenakan masker dengan cara membagikan masker secara gratis. Sekitar 50 ribu masker dibagikan Pemkab Kukar ke seluruh 18 kecamatan.

Tanggulangi Covid-19, DPRD Kaltim Sebut Pemprov Bakal Sediakan Rapid Test Dari Realokasi Anggaran

Deklarasi Kesepakatan Bersama Dalam Rangka Pencegahan& Penanggulangan Wabah Covid-19 di Kota Tarakan

Kronologi Pendeta Kutim Terpapar Covid-19, Awalnya Kena Diare, Lalu Muncul Batuk Kering

Dari puluhan ribu masker itu, sekitar 1500 masker dibagikan kepada pedagang pasar Mangkurawang, Selasa (7/4/2020). "Apresiasi kerjasama dan anjuran pemerintah kita setiap keluar rumah harus gunakan masker masker," ucap bupati Kukar Edi Damansyah di hadapan pedagang pasar mangkurawang.

Puluhan ribuan masker itu tidak hanya dibagikan kepada pedagang pasar saja. Namun beberapa pekerja atau masyarakat yang bekerja diluar rumah akan diberikan masker cuma-cuma dari pemerintah.

Selain itu Edi Damansyah mengimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga kebiasaan hidup sehat. Seperti cuci tangan dengan sabun setelah bersentuhan dengan tangan orang lain ataupun menyentuh benda menjadi imbauan yang dilakukan Edi Damansyah.

"Khususnya pedagang pasar mangkurawang ini saya harap bersama sama terus ikut anjuran pemerintah khususnya anjuran dari petugas kesehatan di kutai Kartanegara," ucap pria berkumis ini. (jnp)

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Kukar 

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved