Berita Pemprov Kalimantan Timur

Lapor Stok Pangan Kaltim ke Mendagri, Sabani: Masalah Sekarang Produksi Surplus Pembeli Kurang

"Masalahnya sekarang,, produknya surplus pembelinya yang kurang," kata Sa'bani, Ruang Heart Of Boerneo Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (7/4/2020).

HUMASPROV KALTIM/YUVITA
Plt Sekprov Kaltim HM Sa’bani melakukan video conference dengan Mendagri Tito Karnavian, Selasa (7/4/2020). Ketersediaan pangan Kaltim dilaporkan aman, bahkan surplus untuk ikan dan ayam. 

SAMARINDA – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa’bani melakukan video conference (vicon) dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan sejumlah menteri terkait membahas ketahanan pangan pada masa Covid-19 melanda Indonesia.

Kepada Mendagri, Sa'bani menjelaskan ketersediaan pangan di Kaltim tidak ada masalah. Semuanya cukup, bahkan untuk ikan dan ayam, produksinya surplus.

"Masalahnya sekarang,, produknya surplus pembelinya yang kurang," kata Sa'bani, Ruang Heart Of Boerneo Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (7/4/2020).

Untuk sektor pertanian tanaman pangan dan hortikultura dan sektor lainnya lanjut Sa'bani, rata-rata aman dan terserap.

"Kalaupun kita ada kekurangan bahan pokok, Disperindagkop Kaltim bekerjasama dengan distributor segera mendatangkan kebutuhan yang kurang tersebut," ungkap Sa’bani.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri berpesan agar pasokan kebutuhan pokok jangan sampai tertahan dengan adanya kebijakan social distancing di beberapa daerah.

Terkait hal itu Sa'bani menjelaskan bahwa hal itu tidak terjadi di wilayah Kaltim, karena semua daerah telah memprioritaskan arus pasokan berbagai kebutuhan. Kemudahan akses diberikan demi pemenuhan kebutuhan pokok di daerah.

"Di Kaltim tidak ada yang melarang karena itu diutamakan untuk pasokan-pasokan kebutuhan pokok bagi masyarakat kita di daerah," tegasnya.

Satu hal yang menjadi perhatian adalah sektor perikanan dan peternakan khususnya peternak ayam. Sebab produksi melimpah, sementara pembeli menurun drastis. Hal ini sangat berpengaruh terhadap para pekerja di sektor ini.

Saat vicon kemarin, Sa’bani didampingi para asisten dan kepala perangkat daerah terkait. (mar/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved