Breaking News:

Memetik Hikmah di Balik Wabah

Semua tentu bersepakat, tidak ada yang menginginkan wabah ini terjadi. Bercikal dari Wuhan China, kemudian menjalar ke seantero dunia. Dampaknya mengg

IST
Memetik Hikmah di Balik Wabah 

ADA Apa dengan Corona?

Semua tentu bersepakat, tidak ada yang menginginkan wabah ini terjadi. Bercikal dari Wuhan China, kemudian menjalar ke seantero dunia. Dampaknya menggurita, termasuk pula di negeri kita.

Ya, wabah virus ini bernama Corona, tepatnya Corona Virus Disease 19 (Covid-19). World Health Organization (WHO) sebagai organisasi kesehatan dunia pun sudah menetapkan wabah virus corona ini sebagai pandemi global.

Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) menyatakan pada 30 Januari 2020 bahwa virus corona atau yang sekarang disebut Covid-19, sebagai publichealth emergency of international concern. Tidak disangka bahwa enam minggu setelah pengumuman tersebut, WHO menyatakan bahwa Covid-19 merupakan sebuah pandemik.

Hampir seluruh lini kehidupan manusia merasakan impact pandemi ini. Bukan hanya sekadar ranah ekonomi, sosial, budaya, politik, dan keamanan, bahkan ranah paling sakralpun –agama merasakan dampaknya.

Jika kita mencermati pelbagai sumber informasi, khususnya di dunia maya mulai televisi, koran, dan chanelchanel informasi internet, hingga medsos semacam WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya semuanya tak lepas dari ragam pembicaraan terkait wabah ini. Di kehidupan nyata pun demikian.

Orang kota maupun desa, mulai dari pejabat hingga rakyat, para pekerja di kantor mewah hingga para petani di tengah sawah, pedagang di pasar tradisional hingga para penjaja di gerai mall, nyaris tak ada yang lepas untuk membicarakannya.

Informasi terkait Covid-19, tentu bisa dengan mudah kita akses dan dapatkan. Banyaknya kanalkanal informasi terkait wabah, sangat membantu agar setiap orang memahami dengan benar apa itu virus Corona.

Pemerintah dan berbagai lembaga independen secara simultan memberikan informasi terupdate terkait perkembangan wabah tersebut. Meskipun, kadang masih saja ada informasi hoaks yang kita temui dan musti diwaspadai.

Hikmah di Balik Wabah

Halaman
123
Tags
Opini
Editor: Tohir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved