Virus Corona di Balikpapan

Bukan Disinfektan Cegah Covid-19, Hotel Platinum Balikpapan Pakai Bilik Sterilisasi Aman Bagi Tubuh

Vinka menyebut pihaknya sadar, bahwa menyemprot disinfektan ke tubuh manusia akan berdampak buruk pada kesehatan.

TribunKaltim.co/HO Hotel Platinum
Platinum Balikpapan Hotel dan Conversation Center perketat Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam rangka memutus tali penyebaran coronavirus disease atau covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Penggunaan bilik sterilisasi dan penyemperotan disinfektan ke tubuh ramai menjadi perbincangan. Cara ini dinilai tidak efektif membunuh virus, justru berbahaya bagi tubuh. Padahal banyak pihak sudah menyiapkan bilik dengan semprotan disinfektan.

Namun Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) Indonesia memperingatkan publik untuk tak menyemprotkan atau memakainya langsung ke tubuh manusia. Sebab beberapa kandungan dalam larutan disinfektan justru menyimpan risiko kesehatan.

Bahan kimia yang dimaksud adalah alkohol atau klorin yang umumnya terdapat dalam kandungan bahan cairan dinfektan. Menyemprotkan disinfektan ke tubuh manusia, menurut keterangan WHO, sebetulnya juga tidak bisa membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Alkohol dan klorin hanya bisa digunakan sebagai disinfektan virus dan bakteri pada permukaan benda. Dan ini pun, harus dimanfaatkan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera.

Cairan disinfektan, dapat mengakibatkan selaput lendir pada tubuh menipis sehingga terjadi iritasi. Kemudian kuman akan mudah masuk area tersebut dan menimbulkan peradangan.

BACA JUGA:

Pasien Positif Covid-19 Tambahan di Samarinda, Bukan dari Kluster Manapun, Riwayat ke Acara di Bogor

Lawan Covid-19, Warga Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan Resmi Karantina Wilayah

Karantina Wilayah Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan, Begini Penerapan Sistem Keamanannya

"Menjaga kebersihan pengunjung hotel, kami memberikan hand sanitizer diarea hotel dan ada bilik sterilisasi. Namanya bukan bilik disinfektan tapi bikin sterilisasi," ujar Public Relation Platinum Balikpapan Hotel & Convention Center, Vinka Aprilita Pasimanyeku kepada TribunKaltim.co pada Kamis (9/4/2020).

Vinka menyebut pihaknya sadar, bahwa menyemprot disinfektan ke tubuh manusia akan berdampak buruk pada kesehatan. Olehnya itu, bilik sterilisasi sama sekali tidak mengandung disinfektan.

Namun cairan pembersih yang komposisinya menggunakan senyawa kimia tidak berbahaya dan ekstrak minyak tumbuhan.

Hotel Platinum Balikpapan adaptasi terhadap pandemi Virus Corona di Kota Balikpapan Kalimantan Timur dengan membuat bilik sterilisasi.
Hotel Platinum Balikpapan adaptasi terhadap pandemi Virus Corona di Kota Balikpapan Kalimantan Timur dengan membuat bilik sterilisasi. (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN)

Bahan tersebut juga mengandung pH modifier dan aman untuk lingkungan, bahkan memiliki efek minimum terhadap kulit manusia.

"Kalau disinfektan menggunakan cairan khusus, kita sadar bahan-bahan disinfektan tidak baik untuk tubuh sendiri. Penyemprotan disinfektan sendiri digunakan pada benda-benda mati, untuk membunuh kuman diarea lobby, hotel, restoran dan kamar," pungkasnya.

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Balikpapan

( TribunKaltim.co )

Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved