Virus Corona di Bontang

Warga Galau, Apa Bisa Ramadhan Tarawih di Masjid? Kemenag Bontang Sebut Belum Bisa Pastikan

Sebentar lagi seluruh umat muslim dunia bakal menjalankan ibadah puasa Ramadhan pada pertengahan April 2020 mendatang, tak terkecuali di Bontang.

TribunKaltim.co/Muhammad Fachri
Kasi Bimas Islam Kemenag Bontang, Ali Mustofa saat ditemui di Kantor Kemenag Bontang, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Sebentar lagi seluruh umat muslim dunia bakal menjalankan ibadah puasa Ramadhan pada pertengahan April 2020 mendatang, tak terkecuali di Bontang, Kalimantan Timur.

Namun yang menjadi kegalauan masyarakat, tak lain apakah bisa melaksanakan ibadah shalat tarawih di masjid selama wabah pandemi covid-19 masih jadi ancaman. Sebagaimana ini disampaikan Irwan, mengaku galau kepada TribunKaltim.co

"Iya, saya nunggu kebijakan pemerintah saja, mas. Kalau gak boleh, ya ibadah tarawih di rumah saja. Kalau boleh, ya masih mikir-mikir juga, sih. Galau jadinya saya," kata Irwan warga Kelurahan Gunung Elai Bontang, Kalimantan Timur, Kamis (9/4/2020).

Saat TribunKaltim.co mencoba konfirmasi ke kantor Kementerian Agama ( Kemenag ) Kota Bontang Kalimantan Timur, pihaknya mengaku belum bisa memastikan perkara tarawih saat bulan Ramadhan di tengah ancaman pandemi covid-19, apakah boleh dilaksanakan di masjid atau sebaliknya.

BACA JUGA:

 Pasien Positif Covid-19 Tambahan di Samarinda, Bukan dari Kluster Manapun, Riwayat ke Acara di Bogor

 Lawan Covid-19, Warga Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan Resmi Karantina Wilayah

 Karantina Wilayah Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan, Begini Penerapan Sistem Keamanannya

"Kami masih lihat perkembangan ke depan, nanti bakal ada rapat lagi dengan Bu Walikota. Siapa tahu ada keajaiban. Namun, apabila kondisi Bontang belum normal, belum aman dari covid-19, maka salat tarawih dan lebaran dilaksanakan di rumah masing masing," kata Kasi Bimas Islam Kemenag Bontang, Ali Mustofa.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan telah membahas hal tersebut dalam rapat koordinasi bersama Walikota belum lama ini.

Mereka membahas persiapan menuju bulan Ramadhan, yang dimana status kota Bontang masih KLB (Kejadian Luar Biasa) gegara pandemi covid-19. Kendati 2 pasien positif yang dirawat di RSUD Bontang dinyatakan sembuh belum lama ini.

ILUSTRASI - Virus Corona
ILUSTRASI - Virus Corona (Freepik.com)

"Harapan semuanya pasti mau ke Masjid, kalau sebelum Ramadhan aman, kami langsung akan buatkan edaran untuk membuka semua Masjid, ambal-ambal yang diinstruksikan digulung dihampar lagi," ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan, Kementerian Agama telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 yang berisi tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H bagi umat muslim.

Salah satu poinnya; Kemenag meminta umat muslim di seluruh Indonesia menjalankan salat tarawih dan buka puasa di rumah masing-masing.

"Mudik pun tidak dianjurkan dulu supaya wabah tidak kemana-mana lagi," tuturnya.

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Bontang

( TribunKaltim.co/Fachri )

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved