Berita Pemprov Kalimantan Timur

Produksi Lokal Hasilkan 158.515 ton, Dadang: Stok Beras Kaltim Aman Sampai 4 Bulan

Ketersediaan sebelas komoditi pangan di Kaltim masih tercukupi mulai dua bulan sampai enam bulan ke depan. Dari sisi harga juga stabil.

HUMASPROV KALTIM
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Dadang Sudarya 

SAMARINDA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTH) Kaltim Dadang Sudarya mengatakan stok beras di Kaltim masih aman hingga 4 bulan ke depan.

Ketersediaan beras itu berasal dari produksi lokal sebanyak 158.515 ton yang diperoleah dari hasil panen Maret hingga Juni 2020 dengan luasan sawah sekitar 42.257 hektar.

“Selain dari hasil produksi sendiri sebanyak 158.515 ton, juga ditambah dengan stok yang ada di Bulog. Hingga empat bulan ke depan ketersediaan beras kita masih aman,” kata Dadang Sudarya di Kantor Gubernur, Selasa (7/4/2020).

Bukan hanya beras, Dadang juga mengungkapkan ketahanan pangan di Kaltim termasuk 11 komoditi yang ditugaskan Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo, mulai jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, telor ayam ras, daging ayam ras, daging sapi, minyak goreng dan gula pasir, semua dalam kondisi cukup.

“Ketersediaan sebelas komoditi pangan di Kaltim masih tercukupi mulai dua bulan sampai enam bulan ke depan. Dari sisi harga juga stabil. Walaupun demikian harga bawang putih minggu ini ada kenaikan, sementara bawang merah turun, termasuk harga gula pasir juga mulai turun. Untuk gula pasir memang beberapa daerah terjadi kekurangan,” tandasnya.

Khusus untuk produksi jagung sejak Maret sampai Juni 2020 diperkirakan mencapai 17.658 ton dengan luasan tanam 2.820 hektar. (mar/sul/adv)

Tags
Stok beras
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved