Berita Pemkab Berau

Wabup Edyanto Arkan Rapat Penanganan Covid-19 Bersama Mendagri, Ini Instruksinya ke Daerah

dihadiri 497 kepala daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota seluruh Indonesia menggunakan video conference.

HUMASKAB KUBAR
Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan didampingi Sekda Asisten I dan II serta sejumlah kepala perangkat daerah yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kutai Barat mengikuti video conference bersama Mendagri di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, beberapa waktu lalu. 

SENDAWAR - Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan SE didampingi Sekda, Asisten I dan II serta sejumlah Kepala PD yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kutai Barat mengikuti video conference bersama Mendagri di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, beberapa waktu lalu.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) H Tito Karnavian selaku pimpin rapat penanganan Covid-19 dengan beberapa Menteri terkait dihadiri 497 kepala daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota seluruh Indonesia menggunakan video conference.

Mendagri memberikan pengarahan agar kepala daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota melakukan kebijakan dalam penanganan percepatan Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah besar manfaatnya dalam percepatan penanganan Covid-19.

Mendagri juga mengatakan, perlu adanya mobilisasi nasional antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, dan setiap daerah perlu melengkapi sarana prasana yang dibutuhkan dalam penanganan percepatan Covid-19 yang telah menjadi wabah penyakit nasional.

Menurut Mendagri, mencukupi kebutuhan dalam negeri itu yang terpenting dalam situasi saat ini, serta meningkatkan kualitas kesehatan dan kesiapan pangan di setiap daerah harus tetap terjaga.

"Kepala daerah diharapkan dapat menjaga kestabilan usaha mikro di daerah masing-masing tetap beroperasi, tetapi harus memenuhi protokol kesehatan," sebut Tito.

Mendagri meminta kepala daerah untuk menjaga kebutuhan pangan di daerahnya, serta menjaga daerah masing-masing dari penyebaran dan penularan Covid-19, serta mencukupi kebutuhan sarana dan prasarana masyarakat.

Beberapa kepala daerah baik provinsi dan kabupaten/kota menyampaikan kondisi di daerahnya masing-masing tentang percepatan penanganan virus Corona. Termasuk meminta pada Kementerian terkait dapat memberikan bantuan dalam percepatan penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.

Para menteri lainnya juga menyampaikan komitmennya mengeluarkan kebijakan terbaik dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia, serta penanggulangan dampak lain akibat Covid-19, diantaranya ekonomi, keamanan, ketersediaan pangan dan lainnya. (adv/hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved