Berita Pemkab Kutai Barat

Bupati Apresiasi Suksesnya TMMD di Kubar, Wujud Operasi Bhakti TNI Bersama Rakyat

Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada anggota TNI dan masyarakat yang terlibat atas suksesnya TMMD

HUMASKAB KUBAR
Bupati Kubar FX Yapan pada acara penyerahan hasil pelaksanaan TMMD ke-107 Kodim 0912 Kubar dan penandatangan berita acara pelaksanaan TMMD ke-107 tahun 2020, di Ruang Rapat Koordinasi, Lantai 3 Kantor Setkab Kubar, Selasa (14/4/2020). 

SENDAWAR - Tentara Manunggal Membangunan Desa (TMMD), salah satu wujud operasi bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral. Yakni, antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah non departemen dan pemerintah daerah yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

"Hal ini guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan di Indonesia, diantaranya wilayah Kubar," kata Bupati Kubar FX Yapan pada acara penyerahan hasil pelaksanaan TMMD ke-107 Kodim 0912 Kubar dan penandatangan berita acara pelaksanaan TMMD ke-107 tahun 2020, di Ruang Rapat Koordinasi, Lantai 3 Kantor Setkab Kubar, Selasa (14/4/2020).

Pada kegiatan tersebut hadir Wabup Edyanto Arkan, Wakil Ketua DPRD Kubar Aula, Sekkab Yacob Tullur serta Forkompimda Kubar dan pejabat Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kubar.

Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada anggota TNI dan masyarakat yang terlibat atas suksesnya TMMD sejak awal sampai akhir berjalan dengan baik.

TNI sebagai bagian dari masyarakat mempunyai inisiatif menguatkan kembali kebersamaan dan kegotongroyongan melalui kegiatan TMMD tersebut. Ini pola pendekatan pembangunan dari aspek pemberdayaan masyarakat dengan tujuan selain penyediaan sarana dan prasarana fisik.

Selain itu juga untuk terjalinnya kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Sehingga hasilnya ke depan dapat bermanfaat tak hanya bagi TNI sendiri, juga masyarakat secara menyeluruh di Kubar.

Bupati mengimbau kepada masyarakat Kubar agar dapat memanfaatkan kegiatan TMMD ini, guna menguatkan semangat kebersamaan dan kemanunggalan rakyat dengan jajaran TNI dalam membangun desa.

Berikutnya, meningkatkan kesadaraan agar masyarakat berperan dalam proses pembangunan daerah. Diantaranya memelihara dan mengembangkan hasil-hasil pembangunan yang dicapai kedepannya demi mencapai hari esok yang lebih baik.

Dandim 0912 Kubar Letkol Inf Anang Sofyan Effendy mengatakan kegiatan TMMD dilakukan di dua Kampung wilayah Kecamatan Jempang, yakni Tanjung Jan dan Pulau Lanting serta dilaksanakan, sekitar satu bulan lebih, mulai 16 Maret hingga 14 April 2020.

Sasaran kegiatan fisik terdiri, semenisasi jalan kampung dengan panjang sekitar 535, lebar 4 meter dan tinggi 20 sentimeter, di Kampung Tanjung Jan. Renovasi Mushalla Ar-Rahman, di Kampung Pulau Lanting.

Renovasi Tribun Lapangan Sepak Bola Kampung Tanjung Jan dan renovasi Rumah Singgah dengan ukuran sekitar 8 meter x 12 meter, di kampung Tanjung Jan. Terakhir renovasi Gereja GPDI Kampung Tanjung Jan.

Sedangkan sasaran kegiatan non fisik, berupa pemasangan pamplet dan penyemprotan disinfektan covid-19, di Kampung Tanjung Jan dan Pulau Lanting. Sosialisasi hukum dan kamtibmas, sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara.

Sosialisasi pertanian dan perikanan, sosialisasi rekrutmen TNI, sosialisasi bahaya terorisme dan faham radikalisme. Terakhir, penyuluhan narkoba dan HIV/AIDS. (adv/hms6/NAW)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved